Pemprov Salurkan 500 Paket Sembako dan 3 Ekor Hewan Qurban di Selat

BALANGANEWS, KAPUAS – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng) menyalurkan bantuan sembako, sekaligus menyerahkan bantuan hewan qurban untuk masyarakat di Kecamatan Selat, di Halaman Kantor Kabupaten Kapuas, Minggu (16/6/2024).

Kegiatan pasar murah/ ini dibuka secara virtual oleh Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran dari Masjid Agung Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Gubernur Kalteng dalam arahannya menyampaikan, bahwa pasar murah/pasar penyeimbang ini adalah atas perintah , yang sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka penanganan inflasi di seluruh Kalteng.

“Untuk itu saya sebagai Gubernur Kalteng, wakil pemerintah pusat yang berada di daerah melaksanakan pasar penyeimbang di seluruh Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Disebutkan Sugianto Sabran, karena menjelang hari-hari besar keagamaan biasanya harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan, maka untuk membantu mengurangi beban masyarakat menjelang hari raya Iduladha 1445 H, Pemprov Kalteng mengadakan pasar murah/penyeimbang.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat dan bisa membantu meringankan beban masyarakat terutama yang kurang mampu,” imbuhnya.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. yang hadir secara langsung di Kabupaten Kapuas, menyalurkan bantuan sembako sebanyak 500 paket untuk masyarakat di Kecamatan Selat.

Paket tersebut berisikan beras 10 kg dan 1 (satu) liter, dalam satu paket senilai Rp192.500, kemudian disubsidi oleh Pemprov Kalteng sebesar Rp172.500, sehingga masyarakat hanya menebusnya sebesar Rp20.000.

Namun disubsidi kembali oleh Ketua KNPI Provinsi Kalteng, M. Alfian Mawardi bersama dengan Ketua Provinsi Kalteng, H. . Sehingga masyarakat Kecamatan Selat mendapatkan bantuan paket sembako tersebut secara gratis.

Selain itu, Wagub Kalteng juga menyerahkan bantuan hewan qurban untuk Kabupaten Kapuas dengan total sebanyak 176 ekor sapi terdiri dari 3 (tiga) ekor sapi limosin dan 173 ekor sapi biasa.

Untuk Kecamatan Selat diserahkan sebanyak 3 (tiga) ekor sapi limosin dengan berat 700 kg per ekor secara simbolis, untuk Masjid Agung Al-Mukarram, Masjid Jami At-Taqwa, dan Masjid Ittihat.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan hewan qurban ini bermanfaat, dan memberikan keberkahan baik bagi Pemerintah Provinsi, maupun untuk masyarakat yang menerima bantuan,” kata Wagub Kalteng. (asp)