Pemkab Kapuas Menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah

Kegiatan pasar murah yang dilaksanakan oleh Pemda Kapuas

, KUALA KAPUAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kapuas, menyelenggarakan (GPM) Serentak yang juga bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, Perum Cabang Kapuas, dan berbagai vendor, bertempat di halaman Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Senin (1/4/2024).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) , Erlin Hardi, ST., dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, , Plt. Kepala DKPP Kabupaten Kapuas, Kusmiatie, para kepala OPD terkait, unsur Forkopimda, perwakilan perum Bulog, Camat Selat, stakeholder terkait, serta masyarakat Kabupaten Kapuas.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dalam sambutannya mengatakan Gerakan Pangan Murah (GPM) ini merupakan amanat dari pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional () dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh bahan pangan dengan harga terjangkau guna mendukung stabilitas pasokan dan harga serta pengendalian inflasi pangan di Kabupaten Kapuas.

“Gerakan Pangan Murah ini bertujuan untuk menekan potensi terjadinya kenaikan harga pangan dan menjamin ketersediaan bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Kapuas menjelang Hari Besar Idul Fitri 1445 H,” ucap Pj Bupati.

Lebih lanjut Erlin Hardi saat diwawancarai awak media menuturkan GPM ini merupakan usaha untuk menangani laju inflasi, dan beberapa komoditi yang merupakan bahan pokok seperti beras, telur, minyak goreng, gula dan beberapa bahan pokok lainnya, dan diharapkan untuk harga-harga bahan pokok ini minimalnya bisa dicegah untuk mengalami kenaikan secara signifikan.

“Saya berharap agar dapat saling bekerja sama untuk ikut ambil bagian dan berkontribusi untuk selalu memantau bahan-bahan pokok yang memiliki potensi mengalami kenaikan, dan saya minta kepada dinas-dinas terkait untuk selalu melakukan intervensi pasar,” tuturnya

Di tempat yang sama, Plt. Kepala DKPP Kabupaten Kapuas, Kusmiatie mengatakan komoditi bahan pokok yang dibagi kepada masyarakat sesuai subsidi yaitu diantaranya beras, gula pasir, minyak goreng, , bawang putih, dan cabe rawit, yang mengikuti kenaikan harga signifikan dipasaran.

“Kegiatan ini diharapkan kiranya hari-hari kedepannya kita tetap melaksanakan gerakan pangan murah secara terus menerus yang dilaksanakan di Kapuas untuk dapat menekan laju inflasi pangan,” ucap Kusmiatie. (put)