Kegiatan Gerakan Aksi Bergizi Cegah Kasus Anemia

Para pelajar saat mengikuti kegiatan gerakan aksi bergizi bersama Kepala Dinas Kesehatan Kapuas

, KUALA – Melalui Program Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan Masyarakat, dinas kesehatan menggelar kegiatan Gerakan Aksi Bergizi, yang dilaksanakan di MTSN 1 Kuala Kapuas.

Dimana dalam tujuan kegiatan pelaksanaan aksi bergizi ini untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang pentingnya asupan zat besi di usia remaja, juga penerapan sehat guna menjaga agar tidak .

“Pelaksanaan Gerakan Aksi Bergizi serentak ini dapat mendukung peningkatan kepatuhan remaja putri dalam mengkonsumsi tablet tambah darah yang menjadi salah satu indikator pelayanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan ,” ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas, dr. Tonun Irawaty Panjaitan Senin (2/9/2024).

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menanggulangi masalah anemia pada waktu usia remaja serta memberikan pengetahuan kepada remaja putri tentang pentingnya zat besi, sebagai pencegahan terhadap kekurangan asupan gizi yang dapat berakibat terjadinya stunting di masa depan.

“Tentunya dengan adanya kegiatan ini dapat mencegah Kasus anemia erat kaitannya dengan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah, khususnya pada remaja putri dan . Berkaitan hal itulah digelarnya Aksi Bergizi ini sebagai program yang menyasar pada peserta didik,” pungkasnya.

program ini adalah membudayakan hidup sehat yang terdiri dari rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, sarapan tepat waktu, meminum tablet tambah darah 1 kali seminggu bagi remaja putri serta meningkatkan tentang Kesehatan bagi remaja.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan Edukasi terkait Gizi Remaja oleh PERSAGI, Manfaat Tablet Tambah Darah Oleh IBI serta mengedukasi bagaimana Cuci Tangai Pakai Sabun (CTPS) yang benar. (put)