Ini Tahapan Selanjutnya Dalam Pilkada Serentak Baik di Kabupaten Kapuas

Suasana para Komisioner KPU Kapuas sedang menggelar rapat

, – Setelah adanya proses tahapan pendaftaran bakal calon (balon) kepala daerah yang akan mengikuti kontestasi dalam pemilihan kepala daerah () tahun 2024, di wilayah Kabupaten .

Dilanjutkan dengan pemeriksaan kepada para balon kepala daerah yang dilakukan di rumah sakit umum daerah RSUD dr Doris Silvanus kota Palangkaraya, untuk pengecekan kesehatan kepada para kandidat.

Sementara itu dari 29 Agustus sampai tanggal 4 September 2024 mendatang pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas, melakukan penelitian administrasi calon, dengan nantinya pada tanggal 5 September sampai 6 September 2024 akan diumumkan dalam penelitian administrasi calon.

“Selama enam hari dari tangan 29 Agustus 2024 kemarin kami masih melakukan penelitian administrasi calon, lalu nanti dua hari akan diumumkan hasil dari penelitian para balon kepala daerah ini,” ucap Kepala Deden Firmansyah, Senin (2/9/2024).

Adanya pengumuman penelitian administrasi calon, akan ada proses perbaikan persyaratan paslon, jika nanti dari penelitian administrasi belum lengkap.” Selama tiga hari ada perbaikan berkas untuk paslon jika dalam penelitian belum lengkap yaitu tanggal 6 sampai 8 september 2024,”terangnya.

Dari tanggal 6 sampai 14 September dilakukan kembali penelitian administrasi paslon, serta di tanggal 13 dan 14 ada pemberitahuan kembali kepada paslon.

“Tanggal 15 sampai 18 akan ada tanggapan masyarakat tentang ke Apsan persyaratan paslon. lalu pada tanggal 16-21 ada klarifikasi atas masukan dan tanggapan masyarakat Apsan persyaratan paslon,” pungkasnya.

Sementara itu di tanggal 22 september 2024 disampaikan untun penetapan paslon dan dilanjutkan pada tanggal 23 september 2024 pengundian serta juga pencabutan nomor urut paslon.

“Barulah nanti proses tahapan selanjutnya dari kampanye paslon dan debat kandidat,” tutupnya. (put)