Pemprov Kalteng Berikan Bantuan Subsidi Biaya Produksi kepada Pelaku Usaha Perikanan

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) kembali menyalurkan bantuan kepada pelaku usaha perikanan di wilayahnya.

Melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng, bantuan berupa subsidi biaya sarana produksi diberikan kepada nelayan, pembudidaya, dan pelaku pengolahan hasil perikanan di , Kabupaten Kapuas, Minggu (15/9/2024).

Bantuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran ke masyarakat perikanan, yang sebelumnya mengeluhkan tingginya biaya produksi. Beberapa nelayan menyampaikan kendala biaya operasional penangkapan ikan, sementara pembudidaya mengeluhkan kenaikan harga pakan dan benih.

merespons keluhan tersebut dengan menginisiasi program subsidi biaya produksi, yang akan disalurkan kepada 29.000 pelaku usaha perikanan di seluruh Kalimantan Tengah.

Dalam pelaksanaannya, Pemprov Kalteng bekerja sama dengan PT. untuk membuka rekening tabungan bagi penerima bantuan. Bantuan sebesar Rp500.000 per orang disalurkan langsung ke rekening tabungan masing-masing.

Pada tahap pertama ini, bantuan diberikan kepada 1.177 pelaku usaha di Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

Kepala sekaligus Penjabat Bupati Kapuas, H. , berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima. Ia menekankan pentingnya pemanfaatan subsidi ini untuk mendukung aktivitas usaha dan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan.

“Saya berharap bantuan ini bisa meringankan beban biaya produksi dan berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan pelaku usaha perikanan, baik di Kalimantan Tengah pada umumnya, maupun di Kabupaten Kapuas pada khususnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Lurah Panamas, Hendrikus Wewengkang, menyampaikan apresiasinya atas perhatian Pemprov Kalteng kepada masyarakat pelaku usaha perikanan di wilayahnya.

“Saya berterima kasih kepada Gubernur Kalimantan Tengah atas perhatian yang diberikan kepada pelaku usaha perikanan di Kelurahan Panamas. Bantuan ini akan sangat membantu dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Bantuan ini diharapkan dapat terus berlanjut dan menjangkau lebih banyak pelaku usaha perikanan, sehingga dampak positifnya dapat dirasakan secara merata di seluruh wilayah Kalteng. (asp)