Bupati Kapuas Minta Insentif Babinsa dan Bhabinkamtibmas Dinaikkan

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat

, KUALA KAPUAS-Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat menyampaikan keinginannya untuk menaikkan insentif Babinsa dan melalui Alokasi Desa ().

Hal itu disampaikan Ben saat menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Kabupaten Kapuas Tahun 2020, yang diprakarsai oleh Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Kapuas, Senin (10/2/2020).

Peningkatan insentif itu menurut Ben, karena tugas dan fungsi Babinsa dan Bhabinkamtibmas cukup berat dalam ikut membantu pengendalian dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. “Saya selama ini merasa sangat terbantu dengan peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Disamping itu, pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan peralatan untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan baik melalui Kabupaten Kapuas, Dana Bagi Hasil Sumber daya Kehutanan (DBH-DR) dan lain yang bisa digunakan untuk itu, guna meminimalisir dampak dan risiko yang terjadi.

Oleh karena itu ia menekankan agar semua pihak jangan lengah dan perlu sedini mungkin untuk melakukan persiapan, guna upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, mengingat Kabupaten Kapuas terdapat lahan terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah. (hmskmf/ari)