Sambut Baik Adanya Sosialisasi Penggunaan Frekuensi Radio

WhatsApp Image 2023 06 21 at 2.47.59 PM
Rohmudin, Kep Balmon Palangka Raya berikan plakat kepada Wabup Katingan

, – Wakil Bupati (Wabup) Katingan, Sunardi NT Litang, selain menyambut baik atas digelarnya sosialisasi penggunaan spektrum frekuensi radio dan alat/perangkat telekomunikasi di Kabupaten Katingan, yang dilaksanakan oleh Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (Balmon SFR) kelas II bekerjasama dengan Diskominfopersantik Kabupaten Katingan.

Apresiasi ini diungkapkannya saat dirinya menyampaikan sambutannya pada pembukaan sosialisasi tersebut, yang dihadiri oleh kepala Diskominfopersantik Kabupaten Katingan Wim Ngantung dan sejumlah kepala Organisasi (OPD) lingkup Pemkab setempat serta para Camat, Rabu pagi (21/6/2023), di aula Balitbang setempat.

PAN

Karena, kegiatan semacam ini menurut Sunardi, tujuannya selain untuk memberikan pengetahuan kepada kita, juga memberikan pandangan bagaimana tata cara dan regulasi penggunaan spektrum frekuensi radio serta alat/perangkat telekomunikasi yang kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dengan kegiatan ini pula menurutnya, akan membuka wawasan kita bersama dalam penggunaan spektrum frekuensi radio dan alat/perangkat telekomunikasi. “Khususnya di Kabupaten Katingan, dan di Provinsi Kalimantan Tengah () yang pada umumnya,” kata orang nomor dua di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Akhir dari sambutannya dirinya menyebutkan tentang manfaat dari alat komunikasi seperti radio 2 meterband yang selalu digunakan oleh masyarakat yang tergabung di dalam Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Badan Penanggulan Daerah (), bidang Pemadam dan Penyelamatan (Damkarmat) serta sejumlah lembaga dan organisasi terkait lainnya.

Manfaatnya, lanjutnya, selain sebagai alat komunikasi yang sangat murah lantaran tanpa pulsa, juga sebagai alat yang sungguh dibutuhkan dalam membantu kebencanaan (musibah). “Karena, alat ini tidak hanya digunakan lantaran harganya murah saja, tapi akan lebih dibutuhkan pula saat jaringan melalui handphone ada gangguan atau tidak ada signal sama sekali,” ujar Sunardi, yang juga menjabat ketua Orari di Kabupaten Katingan ini. (abu)