Masjid At Ta’awun Bagikan Daging Qurban 6 Ekor Sapi dan 1 Ekor Domba

penyembelihan hewan
Saat akan melakukan penyembelihan hewan qurban (sapi), Kamis pagi (29/6/2023), di sekitar halaman belakang Masjid At Ta'awun komplek perkantoran Kemenag Kabupaten Katingan - Kasongan

, – Masjid At Ta’awun di Komplek perkantoran Kementerian Agama () , jalan Hatta – Kasongan, Kamis pagi (29/6/2023), bagikan daging qurban 6 ekor sapi dan 1 ekor domba.

idul adha1

Kepala Kemenag Kabupaten Katingan, H Hasan Basri, didampingi ketua Masjid At Ta’awun dan ketua panitia Qurban, saat dikonfirmasi terkait pelaksanaan qurban yang kali pertama dilaksanakan di Masjid tersebut, kepada sejumlah awak media mengatakan, untuk 6 ekor sapi dan 1 ekor domba yang disembelih pada pagi itu, semuanya dibagi-bagikan kepada ribuan masyarakat yang berada di sekitar Masjid tersebut pada khususnya, dan kepada masyarakat Kasongan pada umumnya. “Utamanya, kepada yang berhak menerimanya,” kata Hasan Basri.

idul adha3 idul adha2

Adapun 1 ekor domba menurutnya merupakan bantuan yang berasal dari Bank Syari’ah Indonesia (BSI) cabang . Sedangkan 6 ekor sapi berasal dari beberapa jama’ah dan sebagian dari Pegawai Negeri Sipil () Kemenag Kabupaten Katingan secara gotong royong untuk melaksana qurban di hari lebaran 10 Zulhijjah 1444 H/2023 M ini.

Setelah dilakukan penyembelihan dan lain sebagainya, semua daging qurban tersebut dibagi-bagikan kepada masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar Masjid At Ta’awun dan yang berhak menerimanya. “Pada hari raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1444 H/2023 M ini hewan yang diqurbankan sebanyak 6 ekor sapi dan 1 ekor domba, mudah-mudahan di lebaran Idul Adha mendatang bisa ditingkatkan,” harapnya.

ADE S

Adapun istilah pelaksanaan qurban hewan pada setiap lebaran Idul Adha ini menurutnya, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim SAW yang akan menyembelih putranya, kemudian diganti oleh Allah SWT dengan 1 ekor domba. “Jadi, bagi yang mampu, sangat sayang jika tidak melaksanakan qurban ini,” terangnya, seraya menjelaskan tentang janji Allah SWT, kian banyak kita berinfaq akan semakin berlipat ganda pula rezeki yang kita peroleh kelak.

Di tempat yang sama, saat sholat Idul Adha 1444 H, dalam khotbahnya dirinya juga menjelaskan tentang rasa syukur dan taqwa kepada Allah SWT, dengan harapan bisa sukses kehidupan kita, baik di dunia maupun di akhirat, serta diselingi pula penjelasan tentang tujuan ibadah qurban dan ibadah haji. (abu)