Panitia Harus Berlaku Jeli dan Jurdil Dalam Pilkades

rudi
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono, S.Sos

BALANGANEWS,  – Saat ini tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa () serentak di Kabupaten  sudah berjalan, dan pada Oktober 2O23 yang akan datang merupakan hari H atau pencoblosan.

Oleh karena itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan, Rudi Hartono, S.Sos mengingatkan kepada panitia Pilkades di masing-masing desa harus berlaku jeli, jujur dan adil (jurdil). Ucapannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Rabu siang (12/7/2023).
ADE S
Jeli yang dimaksud menurutnya panitia Pilkades saat menerima dokumen pengajuan bakal calon kandidat harus menelitinya sejeli mungkin. Salah satunya adalah terkait dengan persyaratan ijazah. Kita tidak ingin setelah terpilih dan dilantik sebagai Kades, baru masyarakat mempermasalahkan ijazah. Oleh karena itu, sejak sekarang sebaiknya panitia sejeli mungkin meneliti dokumen persyaratan orang yang bakal mencalonkan sebagai Kades dimaksud. “Sehingga tidak menjadi permasalahan di kemudian hari,” ingat Rudi.

Terkait dengan jurdil dimaksud, dirinya berharap kepada panitia Pilkades agar memberlakukan semua kandidat secara jujur dan adil atau tidak memihak ke salah satu kandidat. Sebab, jika kita tidak berlaku jujur dan adil, khawatirnya akan bermasalah.

Selanjutnya, kepada Kades yang terpilih dan dilantik sebagai Kepala Desa (Kades) definitif nantinya, agar bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (Tufoksi) dengan mengacu pada Undang Undang (UU) dan Peraturan lainnya. “Sehingga, tidak berbenturan dengan masyarakatnya,” tegas legislator ini.

Kemudian, ketika diberikan kewenangan untuk menjalankan di desa, dirinya meminta kepada Kades, sebelum menjalankan roda pemerintahan desanya, agar membuat perencanaan terlebih dahulu bersama Badan Permusyawaratan Desa (). Bahasa kerennya adalah membuat Rancangan Anggaran dan Belanja Desa (APBDes). “Kalau sudah dibuat dan disetujui  bersama, baru dilaksanakan,” tandas mantan jurnalis ini. (abu)