Wabup Berharap, Pj Bupati Orang Daerah 

caf15a1a 2ed2 44f5 a737 15130a0ab021

, KASONGAN – Akhir September 2023 yang akan datang merupakan akhir dari Sakariyas dan Sunardi NT Litang menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) periode 2018-2023.

Lantaran Pilkada Bupati dan Wabup Katingan akan digelar pada tahun 2024 yang akan datang, sehingga masih ada jeda waktu selama hampir satu tahun.

Oleh karena itu, untuk mengisi kekosongan penjabat kepala daerah selama kurang lebih satu tahun itu, tentu saja harus diisi seorang Penjabat (Pj) Bupati.

Untuk mengisi Pj Bupati dimaksud, meskipun harus diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri () RI melalui setempat, namun dirinya berharap yang akan diusulkan menjadi Pj Bupati Katingan nanti adalah putra daerah setempat.

ADE S

“Salah satunya adalah Pransang, yang saat ini masih aktif menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan,” kata Sunardi.

Karena menurutnya selain putra daerah, beliau saat ini menduduki jabatan puncak di Pegawai Negeri Sipil () dan sangat mengetahui topografi Kabupaten Katingan dari hilir hingga hulu atau dari hingga Kecamatan Bukit Raya. “Bahkan, beliau juga mengetahui persis tentang birokrasi,” ujarnya.

Kesimpulannya, jika Pemkab mengusulkan Pransang atau siapapun juga ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Gubernur , namun kita menurutnya menunggu hasilnya saja. “Siapapun yang akan ditetapkan oleh Kemendagri, kita selalu siap,” tandas orang nomor dua di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Sekadar diketahui, Pransang pernah menjabat sebagai Camat , Kasat Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan Staf Akhli Bupati Katingan. Kemudian, diangkat menjadi Sekda Katingan hingga sekarang. (abu)