Masyarakat Diminta Bijak Bersosmed

WhatsApp Image 2023 08 02 at 1.40.37 PM
Esenhover

, – Masyarakat diminta bijak dalam bersosial media (bersosmed) di beberapa media , baik di WA, di FB, di Instagram maupun menggunakan lainnya. “Apalagi, saat jelang pemilihan umum (pemilu) ini. Demikian kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , Esenhover kepada sejumlah awak media, Rabu (2/8/2023).

ADE S

Bijak menurutnya, saat mengetik kata-kata yang akan dikirim atau di-share ke WA grup atau ke teman lainnya usahakan dengan kata-kata yang baik dan positif. Jangan sampai mengandung kebencian ataupun bersifat ajakan yang tidak baik (memprovokasi) terhadap orang lain. Karena, media sosial tersebut memang disediakan untuk berkomunikasi, bersilaturahmi dan saling bertukar ilmu serta pikiran yang sifatnya menuju kebaikan.

Begitu pula, jika sekiranya kita menerima kiriman berita sosmed yang dianggap menyudutkan seseorang yang belum pasti kebenarannya dirinya berharap untuk tidak menyebarluaskan dulu ke teman-teman lainnya atau ke grup WA lainnya. Sebab, khawatirnya, berita sosmed tersebut tidak benar atau mengandung . “Lebih baik kita hapus saja, daripada kita share lagi ke teman lainnya yang akhirnya bermasalah di kemudian hari,” saran legislator Partai ini.

Karena, jika berita di media sosial itu mengandung hoax dan diteruskan ke teman lainnya, dirinya khawatir akan melanggar UU IT. “Dampak seperti inilah yang kita khawatirkan,” ujarnya.

Sebenarnya imbauan dan saran ini, lanjutnya, bukan pada saat menjelang pemilu ini saja, tapi pernah juga mengingatkan sebelumnya. “Maksudnya, tidak hanya saat menjelang pemilu saja, tapi sebelumnya juga pernah saya ingatkan kepada masyarakat agar bijak dalam bersosmed,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (abu)