PAD Katingan di Semester I Melampaui Target

WhatsApp Image 2023 08 03 at 2.59.12 PM
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Katingan, Yodihel

BALANGANEWS, – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten , Yodihel mengatakan, Pendapatan Asli Daerah () Kabupaten Katingan di semester I tahun 2023 ini melampaui target yang sudah ditetapkan Pemkab Katingan bersama Kabupaten Katingan. Ucapannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Kamis (3/8/2023), di ruang kerjanya.

Hal ini menurut Yodihel terbukti, sampai akhir Mei 2023 ini saja PAD yang sudah masuk mencapai 50,83 persen. Dan jika sudah digabungkan dengan uang yang masuk pada Juni 2023 nanti, maka PAD di semester I tahun 2023 diperkirakan menjadi 55 persen dari target Rp 112 miliar/tahun. “Oleh karena itu, akhir di semester II tahun 2023 nanti, kita optimis PAD capaiannya minimal 90 persen dari target,” ujarnya.

ADE S

Terkait dengan kendala pajak dimaksud, dirinya mengaku bahwa saat ini petugas Bapenda Kabupaten Katingan masih mengalami berbagai kendala dalam hal penagihan pajak terhadap Wajib Pajak (WP).

Masalahnya dalam penagihan pajak berbagai jenis pajak terhadap WP, petugas menurutnya harus tidak tersentuh dengan uang, tapi WP sendiri yang harus bayar sendiri melalui Bank. Namun, fakta di lapangan WP, selain ada yang tidak bisa menggunakan HP android, andaikan memilikinya belum tentu bisa menggunakannya. “Juga tidak semua wilayah Kecamatan tempat tinggal WP yang ada jaringan ,” terangnya.

Meskipun faktanya demikian, namun dirinya bersama stafnya menurutnya tidak berputus asa, tapi tetap berupaya, agar semua WP bisa membayar kewajibannya. “Meskipun kami yang datang langsung ke tempat WP hingga ke pelosok desa yang tidak terjangkau internet,” akunya.

Bahkan Bapenda, lanjutnya, sampai hari ini sudah memiliki beberapa UPTD di beberapa wilayah Kecamatan, dengan tujuan untuk memperlancar penerimaan pajak. “Diantaranya di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, di Desa Hampalit Kecamatan dan di Kelurahan Pegatan Hilir Kecamatan ,” sebutnya. (abu)