Ini Nama-Nama Pemenang Lomba Duta Baca Tingkat Pelajar SMA Sederajat

WhatsApp Image 2023 08 03 at 1.18.25 PM
Bunda Literasi Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maria Efianti saat berfoto bersama dengan para pemenang lomba duta baca tingkat pelajar SMA sederajat, Rabu (2/8/2023) sore

, – Setelah melalui proses penilaian oleh dewan juri, akhirnya telah terpilih pemenang lomba duta baca tingkat pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat tingkat Kabupaten tahun 2023.

Juara pertama pemilihan duta baca diraih oleh Ardia Stiven dari SMAN 1 Sepang, lalu juara kedua yaitu Noverdy Admajaya dari SMAN 1 Kurun, dan juara ketiga diraih oleh Rachel Renzia Herry dari SMKN 1 Rungan Hulu.

Selanjutnya, juara harapan satu diraih oleh dari SMAN 1 Kurun, juara harapan dua yaitu Aril Efrillino dari SMAN 1 , serta juara harapan tiga diraih Piona Pebian Nugraha dari SMKN 1 Mihing Raya.

”Kepada duta baca terpilih, saya minta untuk berperan aktif mengkampanyekan, memotivasi, dan menumbuhkan minat baca, sehingga indeks masyarakat bisa lebih meningkat,” ujar Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong, Rabu (2/8/2023).

ADE S

Dia mengakui, budaya membaca harus ditanamkan sejak dini untuk mewujudkan program smart human resources atau SDM unggul. Untuk itu, figur duta baca diharapkan mampu mempercepat budaya membaca di masyarakat, terutama generasi muda dan anak-anak.

”Saya ingin pelajar yang terpilih jadi duta baca, dapat menyosialisasikan manfaat dari membaca karena itu sangat penting untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan,” tuturnya.

Dalam pemilihan duta baca tersebut, ada beberapa aspek yang menjadi dasar penilaian lomba, yakni literasi perpustakaan, pengetahuan umum, budaya, dan lainnya.

”Saya berharap pelajar ini bisa menjadi sosok inspiratif untuk menjadi motivator dalam meningkatkan kegemaran membaca dan mengkampanyekannya ke seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai media,” tukas Mimie yang juga menjadi salah satu dewan juri dalam pemilihan duta baca ini. (ahs)