Harga Sembako dan Komoditi Akan Mengalami Lonjakan

WhatsApp Image 2023 08 26 at 9.24.33 AM
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Sugianto

, KASONGAN – Di di saat ini, jika berkepanjangan, maka harga sembako dan barang komoditi lainnya akan mengalami lonjakan. “Terutama di beberapa desa yang ada di Kecamatan Katingan Hulu,” kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan, Sugianto kepada awak media, Sabtu (26/8/2023).

Karena setiap datangnya musim kemarau, apalagi kemaraunya berkepanjangan menurutnya, meskipun tidak semua desa, namun sebagian sungai dan anak sungai di beberapa desa yang ada di wilayah kecamatan Katingan Hulu dipastikan debit airnya menurun. “Sebelum menurunnya ke titik dangkal, perlu kita antisipasi mulai sekarang,” kata Sugianto.

Pasalnya, jika terjadi pendangkalan di beberapa sungai, baik Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan maupun di beberapa anak sungainya menurutnya, bukan saja perahu besar dan kelotok yang tidak bisa berlayar ke desa-desa tapi perahu ces yang bermuatan dengan volume kecil pun sulit berlayar.

Jika perahu sekecil ces tidak bisa berlayar ke desa-desa yang ada di Kecamatan Katingan Hulu, lanjutnya, akan berdampak pula terhadap harga kebutuhan sembilan (sembako). Karena, sudah menjadi kebiasaan masyarakat di beberapa desa yang di Kecamatan Katingan Hulu, terutama para dan pemilik toko membeli sembako dan keperluan rumah tangga serta sejumlah bahan bangunan selalu berharap dengan distribusi para pedagang dari luar yang menggunakan perahu kelotok.

Intinya, jika perahu sekecil apapun tidak bisa berlayar melalui sungai dan anak sungai hingga ke desa-desa di Kecamatan Katingan Hulu nantinya dirinya memastikan, harga sembako dan harga barang komoditi lainnya akan melonjak. Dengan alasan biaya angkutnya juga melonjak. “Karena, harus melalui jalan darat. Itu pun mungkin melalui jalan perusahaan,” ujar legislator Partai Kebangkitan Bangsa () ini.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, dirinya berharap kepada instansi terkait agar bisa mencarikan solusi terbaik sebelum terjadinya lonjakan harga sembako dan barang komoditi lainnya dimaksud. “Sehingga, masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Katingan Hulu tersebut dapat membeli sembako dan barang komoditi lainnya dimaksud dengan harga yang terjangkau,” harap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan hingga Bukit Raya ini. (abu)