Ribuan Warga Padati Halaman Pertokoan Jalan Soekarno Hatta

IMG 20230827 WA0010

, – Ribuan warga Kasongan padati halaman pertokoan di jalan Hatta RT 17 Kecamatan Kabupaten , Sabtu sore (26/8/2023) kemarin.

Bukan hanya di halaman pertokoan itu saja, tapi sampai ke seberang jalan. Bahkan tempat memarkir kendaraan roda dua dan empat pun hingga memakan bahu kiri dan kanan jalan.

Pasalnya, pada hari itu merupakan hari terakhir digelarnya lomba, yakni tarik tambang ibu-ibu dan bapak-bapak dan lomba panjat pinang remaja dan dewasa, dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 78.

Mereka sengaja datang ke lokasi tersebut untuk menyaksikan pelaksanaan lomba tersebut. Pasalnya, lomba tersebut merupakan hiburan tersendiri bagi mereka. “Karena, sangat langka digelar lomba-lomba seperti ini, kecuali pada saat HUT Kemerdekaan RI saja,” kata Danesh, salah seorang warga Kasongan.

Selain lomba panjat pinang dan tarik tambang, di hari sebelumnya pihak panitia juga menggelar berbagai lomba lainnya, seperti lomba makan kerupuk, mengisi air dalam botol, membuat pengisap air ke dalam botol, membawa kelereng menggunakan sendok makan, lari menggunakan karung, estafet membawa buah terong tanpa menggunakan tangan, tarik tambang, panjat pinang dan sejumlah lomba lainnya.

Pesertanya, terdiri dari anak TK, SD, SMP, remaja, hingga dewasa baik putra, putri bapak- bapak maupun ibu-ibu. Sedangkan bagi pemenang pertama, kedua dan ketiga diberikan puluhan hadiah berupa peralatan sekolah, sembako dan peralatan rumah tangga, sesuai dengan jenis lomba masing-masing. Baik peserta maupun pengunjung sangat antusias mengikuti lomba dalam rangka memeriahkan tersebut.

Ketua panitia pelaksana (panlak) lomba, Ayubi saat dibincangi, Sabtu (26/8/2023) kemarin, kepada sejumlah awak media mengatakan, lomba seperti ini sebenarnya digelar setiap momen peringatan HUT Kemerdekaan RI. “Untuk tahun 2023 ini merupakan yang kesekian kalinya,” kata Ayubi.

Sedangkan tujuannya menurutnya, selain untuk memeriahkan peringatan ke 78, juga memberikan hiburan gratis bagi anak-anak pada khususnya, dan bagi masyarakat setempat pada umumnya. “Sementara untuk kegiatan ini sebagian besar berasal dari masyarakat jalan Soekarno Hatta, Kereng Humbang dan sekitarnya yang sengaja mendonorkan sebagian dana pribadinya,” terangnya.

Akhir dari perbincangan, dirinya bersama anggota panlak lainnya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat jalan Soekarno Hatta pada khususnya dan masyarakat Kereng Humbang pada umumnya yang berkenan mendonorkan sebagian dari dananya. “Sehingga, pelaksanaan lomba ini bisa berjalan aman, tertib, lancar, sukses dan kondusif,” ucapnya. (abu)