Puluhan Siswa SMAN 1 Katingan Hilir Antusias Perekaman e-KTP

Whatsapp Image 2023 11 24 At 6.09.08 Pm

, – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, puluhan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I sangat antusias lakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Kamis pagi (23/11/2023), di SMAN 1 setempat.

Kepala Dinas dan Pencatatan Sipil () Kabupaten Katingan, Sukarti saat dikonfirmasi di sela-sela dirinya melayani perekaman di sekolah tersebut, kepada sejumlah awak media mengatakan, mereka atau para siswa SMAN 1 yang melakukan perekaman e-KTP, semuanya berjumlah 84 orang. “Usianya berkisar antara 16 hingga 17 tahun,” kata Sukarti.

Kenapa harus diantara usia seperti itu ? Karena, menurutnya pada tahun 2024 mendatang merupakan tahun pemilu, baik pemilu legislatif (pileg), pemilu presiden (pilpres) maupun pemilu kepala daerah (). Sehingga, mereka yang saat ini berusia 16 tahun, dan di tahun 2024 yang akan datang sudah genap berusia 17 tahun. “Menurut UU, usia 17 tahun sudah layak untuk memilih,” terangnya.

Adapun siswa SMAN 1 yang melakukan perekaman e-KTP pada hari Kamis ini menurut data yang ada berjumlah sekitar 84 orang. “Jumlah ini hampir sama dengan beberapa sekolah lainnya yang pernah kita lakukan sebelumnya,” ujarnya.

Selain dilakukan langsung di sekolah-sekolah, perekaman e-KTP ini menurutnya, ada puluhan siswa pula yang langsung memohon perekamannya ke kantor Disdukcapil setempat. “Ini membuktikan, begitu antusiasnya mereka untuk minta dilakukan perekaman e-KTP,” tambahnya.

Selanjutnya, terkait perekaman e-KTP ini, dirinya mengimbau kepada para pelajar pada khususnya dan masyarakat Katingan pada umumnya, yang sudah berusia 16 tahun di mana pun berada agar segera melakukan perekaman e-KTP dimaksud, tanpa biaya (gratis) ke kantor Disdukcapil setempat. Karena, e-KTP sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. “Selain untuk persyaratan memilih dalam pemilu, juga untuk mengurus berbagai keperluan lainnya,” pungkas mantan kepala bagian (kabag) TU di Sekretariat ini. (abu)Â