BPBD Ingatkan Masyarakat di Cuaca Ekstrem Saat Ini

Whatsapp Image 2023 11 27 At 6.06.48 Pm
Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Markus

, – Sekarang sudah musim penghujan, dan pun tampaknya bukan hanya mendung dan hujan saja, tapi juga agak ekstrem.

“Sehingga, masyarakat harus waspada,” kata kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Daerah () , Markus kepada sejumlah awak media, Senin (27/11/2023).

Sebab, di cuaca ekstrem dalam dua pekan ini terjadi hembusan angin yang cukup kencang dan diselingi dengan kilat dan petir. Yang kita khawatirkan adalah, tumbangnya pohon di bahu kanan dan kiri jalan akibat angin yang kencang.

“Oleh karena itu, ketika kita sedang menjalankan kendaraan pada saat angin kencang, sebaiknya kita parkirkan saja kendaraan kita di tempat yang aman, sambil menunggu hembusan angin mereda,” ingat Markus.

Begitu pula bagi masyarakat yang sedang berada di rumah, ketika angin kencang, petir dan hujan menurutnya semua aliran di rumah yang menghubungkan ke peralatan elektronik, seperti wf, hp, kulkas, radio, televisi dan lain sebagainya agar dilepas dulu kabel kontaknya dari colokannya.

“Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan akibat sambaran petir,” imbaunya.

Yang tidak kalah pentingnya juga, menurutnya adalah terkait musim penghujan, yang sudah menjadi kebiasaan, ketika datangnya musim penghujan, yang kita khawatirkan adalah datangnya bencana/musibah . Sebelum datangnya banjir perlu waspada sedini mungkin.

Maksudnya, kalau bencana banjir memang tidak bisa kita hindari. Yang bisa kita hindari adalah bagaimana caranya untuk menghindari agar tidak terjadi korban jiwa saat banjir terjadi dan bagaimana kita bisa menyelamatkan semua barang-barang berharga di dalam rumah kita masing-masing.

“Oleh karena itu, sebelum banjir terjadi, kita perlu waspada sedini mungkin,” ujar mantan Kabag Protokol ini. (abu)