DPRD Apresiasi Disdik Gelar Gebyar SMP

Whatsapp Image 2023 12 02 At 4.42.27 Pm
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Muhamad Efendi

, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , Muhammad Efendi berikan apresiasi kepada Dinas (Disdik) Kabupaten . Pasalnya, dalam beberapa tahun ini, Disdik banyak menggelar kegiatan bersama siswa/pelajar di Kabupaten Katingan. “Salah satunya, digelarnya Gebyar SMP,” kata Muhammad Efendi kepada awak media, Jum’at (1/12/2023) kemarin.

Pasalnya dalam kegiatan yang digelar Disdik tersebut menurutnya bukan hanya melibatkan para tenaga pendidik (gurunya) saja, tapi lebih mengutamakan keterlibatan ratusan siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Katingan. “Sehingga, kegiatan tersebut selaras dengan salah satu program pemerintah pusat, yaitu programnya merdeka belajar dan menyenangkan,” kata Efendi.

Dengan demikian, para siswa menurutnya tidak monoton hanya pada mata pelajaran pokok saja, tapi mereka para siswa sekarang sudah diberikan hak untuk memilih ekstrakurikuler yang disenangi oleh masing-masing siswa untuk berinovasi sesuai dengan karakternya sendiri.

Dengan diberikannya kemerdekaan dalam memilih ekstrakurikulernya itu pulalah maka para siswa menurutnya akan menjadi lebih senang turun ke sekolah untuk menerima dan menimba ilmu yang diajarkan oleh para gurunya. “Sebab, dengan program merdeka belajar yang diterapkan sekarang bagi mereka di samping diberikan pelajaran pokok, juga diselingi dengan hal-hal yang menyenangkan sesuai dengan bakat dan hobinya masing-masing,” terang legislator Partai Amanat (PAN) ini.

Sehubungan dengan itulah, dirinya berharap kepada Disdik setempat, agar kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan secara rutin. Tidak hanya setiap tahun saja, tapi di setiap ada momen-momen jelang hari besar nasional atau hari besar .

“Misalnya, dalam rangka menyambut hari pendidikan nasional, Disdik mengadakan lomba Cerdas Cermat, lomba baca , lomba mengarang dan lomba-lomba positif lainnya,” harap anggota dewan dua periode ini.

Di tempat terpisah, seperti yang kita saksikan bersama, Jum’at pagi (1/12/2023) kemarin, Disdik Kabupaten Katingan telah menggelar Gebyar Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang diikuti oleh ratusan siswa dari 26 SMP di Kabupaten Katingan, dan dibuka langsung oleh kepala Disdik setempat Feriso, Jum’at pagi (1/12/2023), di halaman Disdik setempat. (abu)