Warga Samba yang Hilang Ditemukan Tidak Jauh dari Tempat Kejadian

Whatsapp Image 2023 12 09 At 2.38.35 Pm
Puluhan masyarakat, anggota BPBD, TNI, POLRI, Damkar dan fihak keluarga korban saat melakukan pencarian korban H Irham (62)

, – Warga Desa Samba Katung Kecamatan , H Irham (62) yang hilang, Kamis (7/12/2023), sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di gosong atau pasir di sekitar ujung Desa Samba Katung, tidak jauh dari tempat korban yang dinyatakan hilang atau tenggelam, Jum’at malam (8/12/2023) sekitar pukul 23.05 wib.

Kepala pelaksana (kalak) Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Markus, melalui kepala bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Andi Sentosa saat dikonfirmasi terkait sudah ditemukannya korban H Irham tersebut, kepada sejumlah awak media mengatakan, pada hari Kamis tanggal 7 Desember 2023, korban berangkat dari rumah menggunakan perahu kecil pergi ke kebun, sekaligus mencari ikan di sungai Samba Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan.

Beberapa jam kemudian atau hingga tengah malam, Kamis malam (7/12/2023), korban tak kunjung pulang ke rumahnya. Sehingga pihak meminta bantuan kepada warga setempat untuk membantu mencari korban di sekitar sungai samba tempat korban yang biasanya mencari ikan. Dalam pencarian tersebut pihak keluarga dan warga Desa setempat awalnya menemukan perahu kecil milik korban dalam kondisi terbalik di sungai samba Kecamatan Katingan Tengah. “Meskipun perahunya ditemukan, namun korban masih belum diketahui keberadaannya,” kata Andi.

Upaya pencarian menurut Andi terus dilakukan oleh personil BPBD Kabupaten Katingan sejak malam itu hingga keesokan harinya dan sampai pada malam hari bersama aparat pemerintah , Polri, pihak Kecamatan setempat, Damkar, aparat Desa, masyarakat setempat dan pihak keluarga korban, dengan menggunakan puluhan armada kelotok besar dan kecil.  “Sebagian ada yang menyelam di sungai,” terangnya.

Persis pada pukul 23.05 Wib, Jum’at malam itu korban ditemukan terdampar di gosong atau di pasir yang ada di sekitar ujung Desa Samba Katung Kecamatan Katingan Tengah, tidak jauh dari hilangnya atau tenggelamnya korban. “Saat ditemukan, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia,” ujarnya, seraya menyebutkan, setelah  ditemukan, korban langsung dievakuasi ke rumah duka pada malam itu juga.

Adapun sarana dan prasarana yang dibawa oleh BPBD Kabupaten Katingan saat melakukan pencarian korban, diantaranya 1 unit mobil rescue, 1 unit perahu politely, 1 unit mesin tempel 15 PK, 3 lembar life jaket, 2 unit dayung dan 1 lembar kantong jenazah. (abu)