Penghargaan yang Diperoleh Berkat Dedikasi Kinerja Seluruh Pegawai Dinsos 

Whatsapp Image 2024 01 12 At 1.49.54 Pm
Elmon Sianturi

, – Penghargaan yang diberikan oleh Pj Bupati Katingan, Saipul kepada Dinas () beberapa hari yang lalu sebagai peringkat pertama dalam penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah () tahun anggaran 2023 sebenarnya bukan atas kinerja saya saja.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

“Tapi, berkat dedikasi kinerja seluruh pegawai di Dinsos Kabupaten Katingan,” kata kepala Dinsos setempat, Elmon Sianturi kepada sejumlah awak media, Kamis siang (11/1/2024) kemarin, di ruang kerjanya.

Semua pegawai Dinsos dimaksud menurutnya, baik sebagai sekretaris dinas, kabid, kasi maupun seluruh staf yang ada. Bahkan, tidak hanya yang berstatus saja, tapi juga yang berstatus P3K serta seluruh Tenaga Harian Lepas (THL). “Nilai capaian penyerapan anggarannya sekitar 97 persen,” sebutnya.

Pada dasarnya, semua pegawai di Dinsos ini, mulai dari Sekretaris, kabid, kasi, dan staf, baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), P3K, Tenaga Harian Lepas (THL) maupun tenaga honor lainnya semuanya berjasa dalam meningkatkan kinerja di Dinsos setempat. Sehingga memperoleh penghargaan tersebut.

Terkait dengan penyerapan anggaran serta program yang dilaksanakan termasuk program di Dinas yang dipimpinnya menurutnya, memang sudah menjadi kewajiban semua OPD, dengan target per triwulan. Triwulan pertama 20 persen, triwulan kedua 50 persen, triwulan ketiga 85 persen dan triwulan ketiga dengan capaian 100 persen. “Nah, kebetulan kami di Dinsos capaiannya sampai akhir Desember sekitar 97 persen,” terang mantan kepala PM dan PTSP ini.

Sebelumnya, Pj Bupati Katingan Saipul memberikan penghargaan tertinggi kepada kepala Dinsos Kabupaten Katingan Emon Sianturi, dan yang menerima dokumen penghargaan tersebut diwakili oleh Sekretaris Dinsos Arionson.

Menurut Pj Bupati Katingan Saipul, diberikannya penghargaan dengan peringkat pertama kepada Dinsos tersebut penilaiannya tidak direkayasa, tapi memang benar-benar fakta dan aktual. Sedangkan alasan diberikannya penghargaan tersebut untuk memberikan semangat (spirit) kepada semua pegawai Dinsos dan sekaligus kepada semua OPD lingkup Pemkab setempat.

“Sehingga, mereka juga berlomba-lomba untuk secepat mungkin mengejar target pencapaian anggaran, sesuai dengan aturan pemerintah,” kata Saipul. (abu)