18.727 PBP Katingan Terima Bantuan Beras Pemerintah

Pj Bupati Katingan, Saipul didampingi Sekda setempat Pransang, salurkan bantuan beras kepada masyarakat Katingan 10 kg untuk masing-masing warga secara simbolis, Jum'at (26/1/2024) kemarin, di halaman kantor Kelurahan Kasongan Baru

, KASONGAN – Sekitar 18.727 warga atau Penerima Beras (PBP) di 13 wilayah Kecamatan yang ada di menerima bantuan beras dari pemerintah pusat yang disalurkan oleh Pj Bupati Saipul secara simbolis, Jum’at (26/1/2024) kemarin, di halaman kantor Kelurahan Kasongan Baru Kecamatan Katingan Hilir.

Pj Bupati Katingan, Saipul dalam sambutannya mengatakan pemerintah pusat melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, mulai Januari 2024 ini telah menyalurkan bantuan beras kepada belasan ribu masyarakat Katingan atau PBP Kabupaten Katingan, yang tersebar di 13 wilayah Kecamatan di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

“Penyaluran pangan dari untuk PBP di Kabupaten Katingan ini merupakan tahap pertama di bulan Januari 2024 ini,” kata Saipul.

Penyaluran beras ini menurutnya merupakan wujud kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat, dengan tujuan mengurangi beban pengeluaran bagi penerima bantuan yang mana di masa sekarang terjadinya kenaikan harga beras, baik secara nasional maupun di beberapa daerah Kabupaten dan Kota se-Indonesia. Termasuk di Kabupaten Katingan, kenaikannya kita rasakan cukup tinggi. Sehingga, menjadi beban masyarakat dalam menjangkau daya beli pangan.

“Khususnya beras, yang menjadi kebutuhan pokok kita sehari-hari,” terangnya.

Di tempat yang sama, kepala Dinas Ketahanan Pangan dan (KPP) Kabupaten Katingan, Mozard dalam penjelasannya menyebutkan, bantuan beras ini merupakan program pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (BAPANAS) bekerjasama dengan perum Bulog pusat dan PT Pos serta transportir Pos Indonesia.

Adapun sasaran penerima manfaat menurutnya, adalah PBP yang tersebar di 13 wilayah Kecamatan se-Kabupaten Katingan, yang berjumlah sekitar 18.727 PBP. Sedangkan penerimaan beras tersebut di kantor Pos terdekat.

“Khusus untuk masyarakat di Kecamatan Katingan Hilir dan sekitarnya, di kantor Pos Kasongan,” kata Mozard.

Sedangkan yang tempat tinggalnya di Tumbang Samba dan sekitarnya, pengambilannya di kantor Pos Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah.

“Intinya, masing-masing PBP dalam pengambilan beras 10 kg tersebut di kantor Pos terdekat dengan tempat tinggalnya masing-masing,” terang Mozard.

Hadir dalam penyaluran tersebut selain Sekda Katingan Pransang, juga dihadiri Wakapolres Katingan, kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KPP) Mozard, sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab setempat, , Camat Katingan Hilir, Lurah Kasongan Baru, Lurah perwakilan dari Bulog dan puluhan serta puluhan masyarakat setempat. (abu)