Gunakan Alsintan Sesuai Pemanfaatannya

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Riming

, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten , Riming ucapkan selamat kepada para petani di yang telah mengadakan dan sekaligus syukuran panen raya di musim Oktober-Maret (Okmar) 2024, yang dihadiri oleh Pj Bupati Katingan Saipul dan kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Katingan Mozard, Senin pagi (18/3/2024).

“Karena hasil panennya berhasil dengan maksimal,” kata Riming kepada sejumlah awak media.

Maksimalnya hasil panen dalam musim panen okmar 2024 dan dalam beberapa tahun terakhir ini menurut Riming salah satu pendukungnya adalah alat mesin pertanian (Alsintan) modern bantuan dari pemerintah pusat kepada para petani di Kecamatan .

“Salah satu diantara alsintan modern adalah combine harvester,” kata Riming.

Kalau dulu petani memanen padi dengan sabit atau dengan arit yang membutuhkan waktu lama serta membutuhkan tenaga kerja yang banyak, tapi dengan menggunakan combine harvester, bukan hanya efesien masalah waktu saja, tapi kuantitas dan kualitasnya pun lebih tinggi.

“Oleh karena itu, manfaatkanlah alsintan bantuan dari pemerintah pusat ini sebaik mungkin,” pintanya.

Selain dimanfaatkan sebaik mungkin, legislator ini juga mengingatkan kepada petani yang memanfaatkan alsintan dimaksud agar tidak lupa merawat dan memeliharanya. Hal ini mengingat alsintan ini merupakan pendukung untuk meningkatkan produktivitas pertanian, utamanya tanaman padi.

“Dengan meningkatnya hasil panen, tentu saja berimbas terhadap meningkatnya kesejahteraan para petani,” jelas anggota dewan asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Kuala, , Kamipang dan Tasik Payawan ini.

Di tempat terpisah, kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Katingan, Mozard, sebelumnya mengatakan, mengingat pemerintah tidak bisa sepenuhnya atau baru 1 unit combine harvester yang dibantu untuk petani di Kecamatan Katingan Kuala beberapa waktu lalu, sehingga diminta kepada petani agar menggunakannya secara bergiliran.

“Gunakan secara bergiliran combine harvester tersebut, dan jangan lupa dijaga serta dirawat. Sehingga, tidak cepat rusak dan lebih awet,” pinta Mozard. (abu)Â