Pj Bupati Buka Bimtek Arkas dan PBD Tahun 2024

,   – Pj Bupati , Saiful  membuka bimbingan teknis Rencana Kegiatan dan Sekolah (Arkas) dan penyusunan lembar Perencanaan Berbasis Data (PBD) tahun 2024, Senin pagi (29/4/2024), di aula (Disdik) Kabupaten Katingan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain kepala Disdik setempat, Feriso beserta jajarannya dan sejumlah nara sumber yang memaparkan materi kegiatan tersebut, juga diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Katingan.

Pj Bupati Katingan, Saiful dalam sambutannya mengatakan, Arkas adalah sistem yang disediakan Kemendikbud Ristek RI berbentuk aplikasi yang dapat diinstal pada perangkat komputer milik satuan pendidikan. Sedangkan tujuannya adalah, untuk membantu satuan pendidikan dalam  melaksanakan administrasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggung jawaban Bantuan Operasional Sekolah Pendidikan  (BOSP).

“Kesimpulannya, Arkas adalah aplikasi  satuan pendidikan untuk perencanaan penatausahaan pelaporan dana BOSP yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD,” kata Saiful.

Adapun istilah dari PBD dimaksud, lanjutnya, merupakan bentuk pemanfaatan data pada platform rapor pendidikan sebagai bentuk intervensi. Baik pada satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan maupun Pemerintah Daerah (Pemda) terhadap mutu capaian pendidikannya.

Selanjutnya, terkait dengan kegiatan ini, selain mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya, dirinya juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada kepala Disdik Kabupaten Katingan Feriso beserta jajarannya yang telah berinisiatif untuk menggelar Bimtek yang sangat berharga dan bermanfaat ini.

Akhir dari sambutannya dirinya tidak lupa pula mengucapkan terima kasih kepada para para peserta, yang telah memberikan pengabdiannya selama ini. Baik kepada bangsa dan negara maupun kepada masyarakat Kabupaten Katingan melalui SKB ini.

“Baik yang sudah mengabdi selama 5 tahun maupun puluhan tahun kepada masyarakat Katingan,” ucap orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini. (abu)