Siswa TK Diperkenalkan Tentang Damkarmat Sejak Dini

Yoshua Paskaputra, ST

, – Puluhan Siswa TK Katholik Canosa Kasongan diperkenalkan tentang peralatan dan praktek pemadam dan penyelamatan (Damkarmat) sejak dini, bertempat di Pos Damkarmat Kereng Humbang – Kasongan, baru-baru tadi.

Diantara beberapa peralatan dan petunjuk pelaksanaanya yang diperkenalkan, seperti pengenalan profesi seorang petugas Damkarmat serta pengenalan alat alat yang digunakan petugas, yang diselingi pula dengan senam bersama di akhir kegiatan bersama puluhan anggota Damkarmat setempat.

Kepala dan Damkarmat , Pimanto, S.Sos melalui Kabid Damkarmat setempat, Yoshua Paskaputra, ST dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja di bidang Damkarmat pada 9 Pos Damkarmat di berbagai wilayah Kecamatan Kabupaten .

“Kegiatan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri RI) nomor 114 tahun 2018 tentang standar teknis minimal pelayanan pada standar pelayanan minimal sub urusan kebakaran daerah Kabupaten/Kota,” kata Yoshua.

Dengan kegiatan ini, dirinya berharap kepada siswa TK Katholik Canosa Kasongan yang diberikan pengenalan ini pada khususnya dan masyarakat Katingan pada umumnya bisa lebih mengenal tentang dan Damkarmat.

“Dan lebih baik lagi bisa mengenal sejak usia dini,” harapnya.

Karena dalam menjalankan tugas, seorang anggota Damkarmat menurutnya, membutuhkan sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kebijakan.

“Hal ini mengingat tantangan penanggulangan kebakaran yang semakin kompleks untuk membawa pelayanan pemadam kebakaran yang lebih baik,” pungkas mantan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ini. (abu)