Ribuan Masyarakat Katingan Kunjungi Peluncuran Pilkada dan Maskot 2024

, KASONGAN – Ribuan masyarakat dari berbagai wilayah Kecamatan di Kabupaten dan dari berbagai daerah lainnya kunjungi peluncuran Pilkada Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Katingan dan Maskot Pilkada 2024, serta jingle Pilkada, Minggu malam (2/6/2024) lalu di lapangan sepak Sport Center – Kasongan.

Pasalnya, acara tersebut di samping diiringi dengan lantunan musik Kangen Band dan Andika Tampan cs dari ibukota Jakarta, juga diramaikan pula oleh sejumlah musisi dari Kalimantan Tengah (Kalteng), seperti Daniel Nohan, yang merupakan putra daerah Katingan, Bulan Triana, B Wimar Band, dan sanggar tari Intan Manuah, yang mempersembahkan lagu-lagu pop Dayak serta tarian daerah Katingan, serta diramaikan oleh ratusan pelaku ekonomi UMKM.

Baik pengunjung maupun yang menempati stand UMKM di kawasan Sport Center pada Minggu malam itu, berdasarkan pantauan media, bukan hanya masyarakat lokal Katingan saja, tapi ada pula dari berbagai daerah lainnya, diantaranya dari Kota dan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Ketua KPU , Wahyuni dalam sambutannya berharap partisipasi masyarakat Katingan bisa hadir dan memberikan suaranya di Tempat Pemilihan Suara (TPS) pada Pilkada Bupati dan Wabup 27 November 2024 yang akan datang mencapai 80 persen dari masyarakat yang ada di Kabupaten Katingan ini.

Sementara untuk tahapan Pilkada Pilbup dan Wabup serentak ini menurutnya, KPU sudah melaksanakan beberapa tahapan. Diantaranya, sudah terbentuknya badan Ad Hoc yaitu PPK di 13 wilayah Kecamatan dan sudah pula dilantik pada 16 Mei 2024.

“Begitu pula anggota PPS di 161 desa, juga sudah dilantik,” kata Wahyuni.

Selanjutnya, untuk menghadapi tahapan Pilkada tahun 2024 ini, KPU Kabupaten Katingan menurutnya, juga tengah melakukan pemutakhiran data pemilih. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, dan Masyarakat Kabupaten Katingan pada umumnya diharapkan memberikan dukungannya. “Sehingga pelaksanaan pemutakhiran data pemilih tahun 2024 ini dapat tercapai sesuai target,” harapnya.

Terkait hal tersebut, KPU dalam hal ini, lanjutnya, mulai sekarang tengah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang Pilkada dimaksud.

“Atas dukungan semua pihak, saya ucapkan terima kasih,” ucap mantan anggota Kabupaten Katingan ini, seraya berharap, dengan segala upaya yang dilakukannya, bukan saja Pilkada serentak ini berjalan damai, lancar dan sukses, melainkan juga terpilihnya seorang pemimpin yang amanah dan yang diidam-idamkan bagi masyarakat di bumi Penyang Hinje Simpei ini. (abu)