Tempat UMKM di Kawasan Sport Center Akan Ditertibkan

Sejumlah lapak, tempat para pedagang UMKM yang menjual makanan dan minuman ringan di sekitar kawasan Sport Center Kereng Humbang Kasongan.

BALANGANEWS, Tempat atau lapak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di sekitar kawasan Sport Center Kereng Humbang – Kasongan dalam waktu dekat ini akan ditertibkan.

Demikian janji Plt kepala Dinas Kebudayaan, , Pemuda dan (Disbudparpor) Kabupaten Katingan, Kalpin, yang diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Rabu pagi (12/6/2024), di ruang kerjanya.

Pasalnya menurutnya, tempat mereka mendagangkan makanan, minuman ringan dan pentol/bakso yang sudah setahun lebih keberadaannya itu terlihat kumuh, tidak tertata rapi serta merusak pemandangan. Bahkan, yang ditempati para tersebut sebenarnya bukan untuk mereka, tapi untuk tempat bermainnya anak-anak.

“Tapi, sekarang justru ditempati untuk berdagang,” kata Kalpin.

Kenapa harus ditertibkan dan ditata sebaik mungkin? Karena menurutnya, kawasan Sport Center tersebut peruntukannya selain digunakan untuk masyarakat Katingan berolahraga berbagai jenis cabang olah raga (cabor) dan tempat permainan anak-anak, juga sebagai tempat wisata.

“Baik sebagai tempat berolahraga, bermainnya anak-anak maupun sebagai tempat wisata, seyogyanya lah kawasan tersebut bebas dari sampah dan jika ada tempat masyarakat yang berdagang pun harus tertata rapi dan bersih,” ujarnya.

Apalagi, dalam waktu dekat ini, kawasan Sport Center tersebut menurutnya, akan digelar Katingan Ekspo yang akan didirikan ratusan stand pameran pembangunan oleh puluhan Organisasi (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, 13 Pemerintah Kecamatan, puluhan perusahaan swasta, yang bergerak di sektor , HPH , Badan Usaha Milik. Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara () dan berbagai jenis Perbankan.

Sehubungan dengan itulah, mulai saat ini, lanjutnya, Disbudparpor melakukan berbagai pembenahan. “Pasalnya, waktu untuk menggelar Katingan Expo, pelaksanaannya bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Katingan ke 22, yaitu pada tanggal 20 Juli 2024 mendatang,” pungkas Kalpin yang juga sebagai staf akhli Bupati ini.

Sehubungan dengan itulah, mulai saat ini, lanjutnya, Disbudparpor melakukan berbagai pembenahan.

“Pasalnya, waktu untuk menggelar Katingan Expo, pelaksanaannya bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Katingan ke 22, yaitu pada tanggal 20 Juli 2024 mendatang,” pungkas Kalpin yang juga sebagai staf akhli Bupati ini. (abu)