Lahan Pertanian di Katingan Kuala Tidak Terpengaruh Banjir

BALANGANEWS, KASONGAN – Lahan di wilayah selatan, khususnya di Kecamatan Kuala dan Kabupaten Katingan tidak terpengaruh banjir, yang datangnya dari hulu (utara). Demikian kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan Eterly kepada sejumlah awak media, Rabu (12/6/2024), di ruang loby DPRD setempat.

Begitu pula hasil panennya, setiap tahunnya normal seperti biasa, meskipun di musim penghujan sekalipun. Karena, di wilayah Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai ini menurut Eterly gerak gerik airnya pasang surut. Sehingga, tidak pernah meluap sampai ke lahan pertanian. Sungguh Berbeda dengan 11 wilayah Kecamatan lainnya yang berada di wilayah dan Tasik Payawan serta di wilayah hulu, jika terjadi banjir hampir seluruh lahan dan pertanian akan terendam oleh banjir yang besar.

Seperti banjir yang terjadi beberapa tahun lalu, meskipun banjirnya terlalu besar, padahal di saat itu pula berbarengan dengan musim panen. Namun, tidak ada satu lahan pertanian pun di Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai itu yang mengalami gagal panen. “Semuanya berhasil seperti biasa,” ujar legislator Partai ini.

Bahkan, jika terjadi banjir dan pasca banjir menurutnya, dua wilayah Kecamatan tersebut kebanjiran ikan pula. Saking melimpahnya ikan pada saat banjir itu, tentu saja masyarakatnya ikut mengumpulkannya. Ada yang menggunakan pancing, lunta, tombak dan berbagai jenis alat tangkap ikan lainnya.

Kesimpulannya, baik banjir yang terjadi sebelum-sebelumnya maupun banjir yang terjadi baru-baru ini menurutnya sebagian besar lahan pertanian di dua wilayah Kecamatan tersebut tidak berdampak. Hasil panennya untuk yang akan datang pun diperkirakan masih normal seperti Maret 2024 yang lalu.

Meskipun selama ini masih lahan pertaniannya tetap aman. Dan, hasil panennya pun seperti biasa, namun dirinya mengimbau kepada masyarakatnya, utamanya yang memiliki lahan pertanian agar selalu menjaga dan membersihkan irigasi yang ada di lahan pertaniannya masing-masing. “Sehingga pengairan di sekitar lahan tersebut tetap dalan keadaan lancar,” imbau anggota asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah , Kamipang, Mendawai dan Katingan Kuala ini. (abu)