Pemberlakuan Gratis PPDB di SDN 4 Kasongan Lama Sudah Lama

, – Pemberlakuan gratis dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 , yang terletak di jalan Hatta Kecamatan Hilir Kabupaten Katingan sebenarnya sudah lama.

“Bahkan sebelum saya menjabat kepala sekolah di ini,” kata kepala sekolah SDN Kasongan Lama, Dora kepada sejumlah awak media, Jum'at pagi (21/6/2024) kemarin, di ruang kerjanya.

Adapun untuk dana administrasi PPDB, seperti pembelian kertas, pulpen, tinta dan beberapa kebutuhan PPDB dimaksud, menurutnya semuanya menggunakan sebagian dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Karena, untuk keperluan seperti itu memang diperbolehkan menggunakan dana BOS, sesuai dengan petunjuk teknis (juknis).

Jadi, calon siswa baru yang mendaftar di SDN 4 Kasongan ini menurutnya hanya melampirkan beberapa persyaratan saja. Diantaranya fotokopi ijazah Taman Kanak-kanak (TK), Kartu (KK), Kartu Identitas Anak (KIA) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil () dan foto kopi akte kelahiran.

“Setelah persyaratan tersebut dilengkapi, maka calon siswa tersebut kami terima sebagai siswa baru,” terangnya.

Selain digunakan untuk administrasi PPDB, sebagian dana BOS menurutnya digunakan pula untuk kelancaran kegiatan ekstrakurikuler dan pengadaan buku literatur siswa sesuai kebutuhan.

“Sedangkan terkait dengan komite, meskipun di SDN 4 Kasongan Lama ini sudah beberapa kali dibentuk, namun tak pernah sekalipun adanya pembayaran uang komite,” ujarnya.

Terkait dengan PPDB di SDN 4 Kasongan Lama ini menurutnya, sudah diselenggarakan sejak beberapa hari yang lalu oleh panitia PPDB setempat. Sedangkan pendaftarannya menurutnya tidak dipungut biaya satu rupiah pun.

“Yang penting, melengkapi persyaratan yang diminta oleh panitia PPDB,” pungkasnya. (abu)