Terapkan PPDB Gratis, Mendapat Dukungan DPRD

, – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Kasongan Lama Terapkan Penerimaan Peserta Didik Baru () tanpa biaya atau gratis, mendapat dukungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten , Muhamad Efendi.

“Ya saya sangat mendukung penerapan PPDB gratis yang diterapkan itu,” katanya kepada sejumlah awak media, Minggu (23/6/2024).

Bahkan, legislator Partai Demokrat ini dalam pengakuannya, juga sangat mengapresiasi terhadap kepala sekolah beserta komitenya. Karena, di SDN 4 Kasongan Lama yang terletak di jalan Soekarno Hatta (jalan Depag) ini, tidak pernah melakukan pemungutan uang komite.

Menurut Efendi, SDN 4 Kasongan Lama ini patut dicontoh oleh sekolah-sekolah lainnya, bukan hanya di jenjang Sekolah Dasar (SD) saja, tapi juga di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Karena, dana untuk PPDB dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah bisa menggunakan sebagian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” terangnya.

Jadi, apa yang terlihat baik dan dinilai positif di dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah menurut legislator Partai Demokrat ini sudah sepantasnya lah sekolah-sekolah lainnya menirunya. Sehingga ketika ada pemeriksaan dari yang berwenang, sekolah yang bersangkutan tetap aman.

“Begitu pula dalam proses pembelajarannya, semakin berkualitas,” ujarnya.

Terkait dengan di Kabupaten Katingan ini, dirinya juga mengakui kian tahun semakin membaik. Buktinya, baik siswa di jenjang SD, SMP maupun SMA, angka kelulusan setiap tahunnya selalu mencapai 100 persen.

“Artinya, proses belajar mengajarnya di masing-masing sekolah berjalan baik,” akunya, seraya berharap kepada seluruh tenaga pendidiknya berupaya untuk lebih meningkatkan lagi dalam sisi pembinaannya.

Bukan hanya dari sisi pembinaan pendidikan formal saja, lanjutnya, tapi juga pendidikan ekstrakurikulernya. Seperti ekstrakurikuler di bidang seni, budaya dan olahraga.

“Termasuk juga di bidang ,” harap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan hingga Bukit Raya ini.

Di tempat terpisah, sebelumnya Dora, selaku kepala SDN 4 Kasongan Lama mengatakan bahwa, di sekolah yang dipimpinnya selama ini tidak pernah memungut biaya PPDB dan uang komite kepada orang tua murid ataupun kepada siswanya.

“Karena, biaya administrasi untuk semua PPDB kami gunakan dari sebagian dana BOS,” katanya. (abu)