DPRD Imbau Ramaikan HUT Kemerdekaan RI Sederhana dan Khidmat

74740809 ab5d 476d ac12 1f73cc37001d
Rudi Hartono

, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , Rudi Hartono Imbau, untuk meramaikan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 79 secara sederhana saja, namun khidmat.

Imbauan yang ditujukannya kepada Pemkab , Pemerintah Kecamatan, organisasi dan seluruh elemen masyarakat di bumi Penyang Hinje Simpei ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Minggu (28/7), via telpon selulernya.

Intinya, kendati tak pernah adanya larangan oleh pemerintah, namun dirinya mengimbau kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, Pemerintah Kecamatan, organisasi dan masyarakat secara umum yang menggelar berbagai jenis even keramaian dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 79, baik pada siang hari maupun pada malam hari menurut Rudi, cukup sederhana saja. Hal ini untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum.

“Sehingga, semua even yang digelar berjalan lancar, sukses aman dan kondusif,” ujarnya.

Selanjutnya, dirinya juga mengimbau kepada perkantoran pemerintah, swasta, instansi vertikal, , BUMD, Perbankan, hotel, penginapan, sekolah, perumahan penduduk dan seluruh masyarakat Katingan, dari Kecamatan Bukit Raya hingga Katingan Kuala agar memasang bendera sang saka merah putih di halaman atau di depan kantor dan rumahnya masing-masing.

“Dengan tujuan selain untuk memperingati hari Kemerdekaan kita, juga guna menyemarakkan daerah kita dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 79,” imbau legislator berlambang pohon beringin ini.

Karena, setiap menjelang HUT Kemerdekaan RI memasang bendera merah putih di depan atau di halaman kantor dan rumah kita menurutnya, memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai bangsa Indonesia.

“Begitu pula mengadakan upacara peringatannya, sudah menjadi kewajiban di masing-masing kantor , termasuk di kantor-kantor Kecamatan,” ujarnya.

Sedangkan untuk menggelar pertandingan dan lomba untuk memeriahkan peringatan jelang hari H, seperti pertandingan , festival seni, musik, tari dan budaya, panjat pinang serta berbagai jenis lomba lainnya menurutnya, bisa digelar dan bisa pula tidak.

Namun, jika ada organisasi atau pihak Kecamatan atau masyarakat umum yang menggelar lomba atau pertandingan untuk memeriahkannya dipersilahkan.

“Namun, tolong dijaga ketertiban dan keamanannya. Sehingga, bukan hanya lancar dan sukses saja, tapi juga berjalan aman dan lancar serta kondusif,” ingat anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (abu)