Sosialisasi Merupakan Bagian Dari Agenda KPU Penentu Suksesnya Pilkada

Ketua KPU Katingan didampingi sejumlah narasumber penyampai materi, saat foto bersama, usai kegiatan berakhir, Selasa malam (29/7/2024), di salah satu cafe di Kasongan

, KASONGAN – Sosialisasi merupakan bagian dari agenda Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten , dengan maksud sebagai penentu suksesnya pemilihan kepala daerah () Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Katingan.

Demikian kata Ketua KPU Kabupaten Katingan, Wahyuni saat dirinya menyampaikan sambutannya pada acara sosialisasi pencalonan Bupati-Wabup dan penyusunan visi-misi serta program bakal pasangan calon yang digelar di salah satu Cafe di Kasongan, Selasa malam (30/7/2024).

Setiap kegiatan sosialisasi itu pula menurut Wahyuni, tidak hanya mengundang penyampai materi saja, tapi juga mengundang pengurus , kepala daerah, pejabat birokrasi lingkup Pemkab Katingan, , jurnalis, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat dan lain sebagainya, yang disesuaikan pula dengan materi yang disampaikan dalam tahapan Pilkada dimaksud.

“Salah satunya adalah sosialisasi yang kita laksanakan malam ini, yaitu sosialisasikan bakal pencalonan (bapaslon) Bupati- Wakil Bupati (Wabup) dan Visi-Misi serta program bapaslon, sesuai Rencana Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2024,” kata Wahyuni.

Sedangkan agendanya, lanjutnya, penyampaian waktu pelaksanaan tahapan pilkada, misalnya pada 27 hingga 29 Agustus 2024 yang akan datang merupakan waktu pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wabup. Sedangkan penetapannya pada 23 September 2024.

“Sementara penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” pada 21 September 2024 yang akan datang,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi pada malam itu, selain ketua KPU Kabupaten Katingan, Wahyuni beserta anggotanya selaku penyelenggara, juga puluhan pengurus partai (parpol), Kapolsek Katingan Hilir, kepala Kejaksaan Negeri Katingan, perwakilan Disdik dan sejumlah undangan lainnya.

Sedangkan nara sumber penyampai materi, diantaranya dari komisioner KPU setempat, kepala Kejaksaan Negeri Katingan, ketua Katingan dan perwakilan dari Bappedalitbang Kabupaten Katingan

Khusus materi yang disampaikan dari komisioner KPU Kabupaten Katingan, adalah tentang bagaimana calon dan persyaratan pencalonan Bupati-Wabup secara spesifik.

“Sedangkan yang menyampaikannya, adalah komisioner KPU Kabupaten Katingan Ovi Monita, selaku divisi teknis penyelenggara,” kata Wahyuni.

Dari kegiatan pada malam itu, dirinya berharap berjalan baik, lancar dan bermanfaat serta membawa keberkahan bagi kita semua.

“Semoga di tahapan-tahapan selanjutnya kita bisa melaksanakan sebaik mungkin Pilkada yang sedang kita hadapi pada tahun 2024 ini,” harapnya. (abu)