Berharap Anggaran Penyelenggaraan FASI Tersendiri

Muhamad Efendi

, Muhamad Efendi selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berharap untuk Festival Anak Indonesia (FASI) tingkat Kabupaten , selain berharap tetap dilanjutkan untuk di tahun 1447 Hijriah/2025 Masehi nantinya, kalau bisa anggarannya juga tersendiri. Harapannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Senin (5/8/2024).

Maksudnya menurut Efendi, meskipun yang menyelenggarakan nanti tetap dari PHBI Kabupaten Katingan, di tingkat Kabupaten, namun pelaksanaannya tetap dalam rangka menyambut , dan anggarannya tidak harus mengambil bagian dari dana PHBI Kabupaten Katingan. “Tapi, dianggarkan tersendiri,” kata Efendi.

Hal ini menurutnya, agar kegiatan FASI ini tetap diselenggarakan setiap tahunnya, tanpa menunggu pembagian dana yang berasal dari anggaran PHBI. Karena, sesuatu yang tidak mustahil nantinya FASI ini tidak diselenggarakan lantaran terbatasnya anggaran di PHBI itu sendiri. “Ini cuma usul,” ungkapnya.

Yang tidak kalah pentingnya juga, dirinya berharap kegiatan FASI di tahun-tahun mendatang kalau bisa pelaksanaannya beberapa hari sebelum 1 Muharram. Sehingga, acara puncaknya sekaligus pembagian piala dan uang pembinaannya bagi yang mendapatkan juara, bisa diserahkan pada malam 1 Muharram atau pada 1 Muharram, yang bertepatan dengan tahun baru Islam.

Saran selanjutnya menurutnya, ketika diselenggarakannya pawai obor pada malam hari, pelaksanaannya jangan berbarengan dengan malam pembukaan. Pasalnya, jika pelaksanaannya berbarengan dengan malam pembukaan, waktunya juga tertunda hingga ke pukul 21.00 wib. “Karena, peserta yang mengikuti pawai obor tersebut juga anak-anak yang berusia yang berusia 7 hingga 10 tahun,” saran anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

Kemudian, terkait dengan diselenggarakannya FASI yang merupakan kali pertama diselenggarakan oleh PHBI Kabupaten Katingan ini, dirinya sangat mengapresiasi terhadap PHBI setempat

Pasalnya, dengan diselenggarakannya FASI yang pesertanya merupakan siswa dan siswi TK hingga SMP dan SMA tersebut merupakan anak-anak yang masih kecil dan belia tersebut menurutnya, akan memberikan semangat mereka untuk terus belajar di bidang keagamaan. “Sebab, mereka mengetahui, jika setiap datangnya tahun baru Islam 1 Muharram, selalu diselenggarakan FASI,” Aku legislator Partai ini. (abu)