Membangun Infrastruktur, Jangan Lupa Melakukan Pemeliharaan

Salah satu drainase di jalan Soekarno Hatta Kasongan yang dibangun Dinas PUPR Katingan setahun yang lalu

BALANGANEWS, – Ketika membangun , Dinas atau Badan manapun juga di lingkup ini, jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan. Baik infrastruktur ruas jalan maupun berbagai jenis gedung pemerintah, ungkap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , Riming kepada awak media, Selasa siang (6/8/2024).

Karena jika tidak dilakukan perawatan dan pemeliharaan, sebaik dan semewah apapun juga badan jalan dan gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang dibangun akan cepat mengalami kerusakan.

Adapun sejumlah gedung yang harus dipelihara dan perlu perawatan dimaksud, misalnya bangunan Puskesmas, Pustu, rumah dinas guru, rumah dinas tenaga kesehatan, rumah dinas kepala OPD, kantor dan lain sebagainya. Ketika sudah selesai dibangun, wajib dilakukan perawatan dan pemeliharaan.

“Jangan hanya bisa membangunnya saja,” tuturnya.

Begitu pula badan jalan, jembatan dan drainase yang dibangun menggunakan APBD ataupun , juga menjadi kewajiban bagi dinas yang membangunnya untuk melakukan pemeliharaan dan perawatan. Makanya, setiap infrastruktur badan jalan yang dibangun biasanya dianggarkan pula biaya pemeliharaan dan perawatannya setiap tahunnya.

Sehingga, lanjutnya seiring dengan waktu berjalan, tahun demi tahun badan jalan tersebut diharapkan dapat bertahan lama. Andaikata ada kerusakan, menurutnya tidak sampai mengalami kerusakan terlalu parah.

“Karena, selalu dipelihara dan dirawat dengan sebaik mungkin,” ujar legislator ini.

Kesimpulannya dirinya berharap kepada dinas dan badan apapun juga di lingkup Pemkab Katingan ini, ketika membangun infrastruktur, di samping dengan perencanaan sebaik mungkin, juga harus dilakukan pemeliharaan dan perawatan, ketika jalan dan gedung itu selesai dibangun.

“Jika ada kerusakan sekecil pun harus diperbaiki, sebelum kerusakannya bertambah parah,” tegas anggota dewan empat periode ini. (abu)