Harapan DPRD untuk Pj Bupati Katingan

BALANGANEWS, – Sejumlah harapan dari H Fahmi Fauzie S Hut, selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () untuk Penjabat (Pj) Bupati Katingan yang baru, Sutoyo yang harus dimaksimalkan kinerja di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan.

Yang pertama menurut Fahmi, dengan waktu yang singkat ini, atau waktu yang hanya dengan kisaran empat hingga lima bulan jelang berakhirnya tahun 2024 ini, Sutoyo selaku Pj Bupati Katingan, diharapkan dapat memaksimalkan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan kepentingan publik. Harapannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, usai menghadiri paripurna mendengarkan pidato kenegaraan, Jum’at (16/8/2024), di ruang loby DPRD setempat.

Kedua, dapat mendisiplinkan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Katingan, baik yang bekerja di kantor Bupati, di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di wilayah Kecamatan, maupun yang bekerja di Kelurahan dan desa hingga tenaga kesehatan serta tenaga pendidik (guru) di desa-desa.

Karena menurut Fahmi, sampai hari ini Katingan belum mempunyai Bupati definitif. Sehingga, dikhawatirkan mereka dalam bekerja juga kurang maksimal dan berdampak terhadap pekerjaan-pekerjaan lainnya kurang berkualitas. Oleh karena itu, diminta kepada Pj Bupati yang ada sekarang ini agar bersikap tegas kepada semua ASN di lingkup Pemkab Katingan ini. “Dengan demikian, semua pekerjaan yang sudah diprogramkan di tahun anggaran 2024 ini bisa optimal dan cepat diselesaikan,” harap legislator ini.

Selain itu, dirinya juga berharap kepada Pj Bupati bisa menghadiri agenda yang digelar DPRD, ketika agenda di DPRD mengharuskan kehadirannya, sepanjang waktunya tidak bersamaan dengan agenda internal di Pemkab Katingan. Salah satunya agenda paripurna

Kemudian, dirinya mengingatkan kepada seluruh ASN lingkup Pemkab setempat, agar bekerja seperti biasa, meskipun yang memimpin di Pemkab Katingan ini hanya berstatus Penjabat (Pj) Bupati. “Jangan hanya seorang Pj Bupati yang memimpin daerah Katingan ini, lalu ASN nya seenaknya bekerja,” ingatnya.

Harapan terakhir yang juga cukup penting, dirinya berharap kepada Pj Bupati dan seluruh kepala OPD Pemkab setempat, ketika waktunya tiba membahas tentang APBD tahun anggaran 2024 jangan sampai banyak perubahan. “Kalau bisa ikuti saja APBD murni tahun 2024 yang sudah ditetapkan sebelumnya,” harap anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah , Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. (abu)