Jalan Kamipang Tembus Mendawai, Ekonomi Pasti Meningkat

BALANGANEWS, – Rencana dilanjutkannya ruas jalan dari Pakahi desa Jahanjang Kecamatan Kamipang menuju desa Kampung Melayu Kecamatan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan sangat diapresiasi oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () , Riming.

Bahkan anggaran untuk melanjutkan ruas jalan ke bagian hilir tersebut menurut Riming bukan hanya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Katingan saja. “Tapi, rencananya ke depan bakal dianggarkan juga dari Anggaran Pendapatan dan Belanja atau APBN,” kata legislator PDI Perjuangan ini kepada sejumlah awak media, Senin (19/8/2024).

Dengan tembusnya akses jalan dari Pakahi desa Jahanjang Kecamatan Kamipang menuju desa Kampung Melayu itu nantinya menurutnya, bukan hanya sekedar dapat dijalani dengan nyaman saja oleh masyarakat setempat, tapi juga mempunyai manfaat yang luar biasa. Salah satu manfaatnya, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Katingan. “Utamanya, bermamfaat bagi masyarakat Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala yang selama puluhan tahun ini kesulitan untuk menjual hasil produksi pertaniannya,” ujarnya.

Karena, di dua Kecamatan yang berada di wilayah selatan Katingan itu menurutnya, memiliki lahan pertanian terbesar di antara 13 wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan. “Kalau tidak salah luas lahannya sekitar 4.000 hektare lebih dengan 36.000 ton lebih gabah yang dihasilkan oleh masyarakat di dua Kecamatan tersebut,” terangnya.

Di samping itu, lanjutnya, ada pula produk lainnya, yang sangat berpeluang dalam peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Diantara hasil ikan yang selama ini diperjualbelikan di wilayah hilir itu seperti hasil laut, perikanan danau dan perikanan sungai.

Sehubungan dengan bakal dilanjutkannya ruas jalan tersebut, dirinya meminta kepada masyarakat yang memiliki lahan di sekitar jalan tersebut, jika sebagian lahannya ada yang terkena, agar dengan ikhlas untuk disumbangkan. “Karena, untuk kepentingan kita bersama,” harap anggota dewan empat periode ini. (abu)