Katingan Sejahtera, Lestari, dan Maju. Ini Visi Bapaslon Suhaemi-Nikodemus

Suhaemi dan Nikodemus, bapaslon Bupati-Wabup Katingan, yang diusung dari PKB saat memasuki ruangan KPU Kabupaten Katingan untuk mendaftar Pilkada, Kamis malam (29/8/2024)

BALANGANEWS, KASONGAN – “Katingan Sejahtera, Lestari dan Maju”. Ini merupakan visi bakal calon (bapaslon) Suhaemi-Nikodemus. Yang diucapkannya kepada sejumlah awak media, usai mendaftar sebagai bapaslon Bupati-Wabup pada pemilihan kepala daerah () 2024, di Komisi Pemilihan Umum (KPU) , Kamis malam (29/8/2024).

Untuk mencapai kesejahteraan, lestari dan maju dimaksud, jika terpilih dan ditetapkan menjadi pemimpin di kabupaten Katingan ini nantinya, yang diprioritaskan terlebih dahulu adalah melaksanakan pemerintahan yang bersih, berwibawa dan kuat. “Karena, untuk mengelola roda pemerintahan dalam membangun daerah yang harus kita terapkan adalah good govermence atau didahului dari pemimpinnya yang bersih, berwibawa dan kuat,” kata Suhaemi.

Kami, kata Suhaemi, berpasangan dengan Nikodemus merupakan sama-sama mantan birokrat murni, lebih seperempat abad waktu kami mengabdikan diri di pemerintahan. Baik di maupun di . “Saya mengakhir masa jabatan di dan Nikodemus menjadi Sekda di Pemkab Katingan,” ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, sudah cukup banyak mengetahui tentang roda pemerintahan. Khususnya di tingkat Pemprov dan tingkat Kabupaten. Sehingga, ketika terpilih dan ditetapkan menjadi Bupati-Wabup Kabupaten Katingan nantinya tidak banyak mengalami kesulitan saat melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk meningkatkan di Kabupaten Katingan yang kita cintai ini. “Karena, untuk meningkatkan pembangunan daerah kita yang cukup luas ini tidak bisa hanya mengandalkan dari APBD Katingan saja,” terangnya.

Di samping itu dirinya juga berjanji akan berupaya semaksimal mungkin mencari hubungan dengan para investor yang dapat mendukung pembangunan Kabupaten Katingan yang lebih maju lagi dari yang sekarang ini. Karena, selama ini  Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Kabupaten Katingan terbatas. “Sehingga solusinya harus melakukan lobi-lobi ke pemerintah pusat, guna mempercepat pembangunan daerah kita ini,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai kepala Dinas PM dan PTSP Kabupaten Katingan selam tiga tahun ini.

Intinya menurutnya, kian banyak investor yang menanamkan modalnya di daerah kita ini, akan lebih cepat pula pembangunan berbagai sektor.  Pasalnya, keberadaan investor tidak hanya dapat meningkatkan pembangunan di pemerintahan saja, tapi akan berdampak pula terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat. “Bahkan berimbas pula terhadap para pelaku UKM daerah kita,” pungkasnya. (abu)