Pemprov Kalteng Segera Luncurkan Program Bantuan Pasang Baru Listrik untuk Masyarakat

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng) di bawah kepemimpinan H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H. , akan segera meluncurkan Program Bantuan Pasang Baru (BPBL).

Program ini memberikan pemasangan listrik baru secara gratis kepada masyarakat kurang mampu di Kalimantan Tengah, sebagai bagian dari upaya mewujudkan target Rasio Elektrifikasi 100 persen pada tahun 2024.

Target ini ditetapkan lebih cepat dari yang direncanakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalimantan Tengah Tahun 2021-2026.

Kepala Dinas dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalteng, Vent Christway, menjelaskan bahwa program BPBL adalah salah satu program strategis yang digagas oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

Program ini, sambung Vent, berfokus pada desa-desa yang hingga saat ini belum terjangkau oleh aliran listrik.

“Pada tahun 2024, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan menyalurkan BPBL kepada 5.500 rumah tangga kurang mampu di 14 kabupaten/kota. Pelaksanaan sosialisasi dan penyalaan pertama akan dimulai di Kota Palangka Raya pada bulan September 2024,” ujarnya, Sabtu (31/8/2024).

Ia juga menambahkan, pembangunan jaringan listrik ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat dengan memastikan pemerataan akses listrik di seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

“Ini merupakan upaya nyata untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui perluasan akses jaringan listrik,” tutupnya.

Melalui program ini, diharapkan seluruh masyarakat di Kalimantan Tengah, termasuk yang berada di wilayah terpencil, dapat menikmati manfaat dari akses listrik yang lebih luas, sehingga membuka peluang untuk pertumbuhan dan kesejahteraan yang lebih baik. (asp)