Kapolres Turunkan 50 Personil untuk Pengamanan Pendaftaran Pilkada

Kapolres Katingan AKBP Chandra Ismawanto, Wakapolres, Kabag Ops, Kasat reskrim dan Kasat Lantas serta TNI dari Kodim 1019 selalu siap dan siaga memberikan pengamanan jalannya pelaksanaan pilkada di Kabupaten Katingan setiap tahapan

, – Kapolres AKBP Chandra Ismawanto turunkan 50 personil, untuk memberikan pengamanan pemilihan kepala daerah () Bupati dan Wabup Katingan pada tahun 2024 ini.

Ucapannya itu diungkapkannya kepada sejumlah awak media, saat dirinya memberikan pengamanan pendaftaran bakal calon (bapaslon), Kamis malam (29/8/2024), di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan.

Karena tiga bapaslon yang mendaftar di KPU ini semuanya menurut Kapolres, di hari ketiga atau di hari terakhir, yakni pada hari Kamis (29/8). Bapaslon Saiful-Firdaus pada pukul 14.00 wib, bapaslon pada pukul 16.00 wib dan bapaslon pada pukul 20.30 wib.

Menjawab pertanyaan media, sejauh ini dalam pengamanan, puluhan Personil Polres Katingan tidak menemui kendala sedikitpun. Semuanya berjalan lancar, aman dan kondusif. “Lantaran saat bapaslon bersama pendukungnya datang ke KPU ini pas dirundung hujan, ini mungkin sedikit kendala bagi mereka. Tapi, bagi kami tidak ada sedikitpun mengalami kendala,” kata AKBP Chandra Ismawanto.

Terkait pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi pilkada Bupati dan Wabup Katingan yang berbarengan pula dengan pilkada Gubernur dan Wagub Kalteng pada tahun 2024 ini, Polres Katingan menurutnya, bukan saja memberikan pengamanan pada saat pendaftaran paslonnya, tapi juga memberikan pengamanan setiap tahapan pilkada. “Makanya untuk pengamanan Pilkada ini kami turunkan sekitar 2/3 dari jumlah personil di Polres Katingan dan tersebar pula di 13 wilayah Kecamatan,” ujarnya.

Terkait dengan Pilkada ini, dirinya berharap kepada masyarakat Katingan, untuk menjaga kedamaian dan keamanan bersama. Sehingga, pilkada serentak ini dapat berjalan lancar, aman dan kondusif, hingga ke tahap kampanye, masa tenang, pencoblosan sampai pada tahap rekapitulasi penghitungan suara. “Bahkan sampai di tahap pleno penetapan pemenang dan Bupati dan Wabup Katingan yang sudah ditetapkan oleh KPU setempat nantinya,” harap AKBP Chandra Ismawanto yang baru satu bulan menjabat di Polres Katingan ini. (abu)