DPRD Berharap Disdik Merespon Kebutuhan Fasilitas Pendidikan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Gimak Bulinga

, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , Gimak Bulinga berharap kepada (Disdik) Kabupaten merespon kebutuhan fasilitas di sejumlah sekolah, utamanya dari tingkat SD dan SMP, di wilayah hulu Katingan. Harapannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Selasa (17/9/2024).

Fasilitas sekolah-sekolah di wilayah hulu Kabupaten Katingan dimaksud menurut Gimak Bulinga, seperti di Kecamatan , Petak Melai, Katingan Hulu dan Bukit Raya. “Sekolah-sekolah tersebut benar-benar kekurangan fasilitas,” kata legislator PDI Perjuangan ini.

Selanjutnya, dirinya menyebutkan sejumlah fasilitas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan dimaksud, khusus untuk di Kecamatan Katingan Tengah, diantaranya gedung multimedia SMPN 4, perumahan dinas guru/penjaga sekolah SDN Tewang Panjang -petak puti Desa Tumbang Lahang, penambahan dua unit ruangan SDN 1 Desa Telok, pembangunan rumah dinas (rumdin) SDN 2 Samba Katung, penambahan rumdin SDN 1 Samba Katung dan peningkatan bangunan TK Tunas Muda Desa Samba Katung.

Kemudian, lanjutnya, pembangunan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Desa Samba Danum, rehab ruangan guru dan ruangan TIK di desa Samba Kahayan, rehab plafon dan pagar beton SDN 1 di desa Napu Sahur, pembangunan Rumdin SDN 2 Tumbang Lahang, rehab lantai, plafon dan ruangan belajar siswa SDN 2 Desa Tumbang Lahang.

Terakhir, di Kecamatan Petak Malai, diantaranya usul rumdin SDN Tumbang Papi, rehab plafon gedung SDN Batu Badak, rehab 3 ruangan belajar dan ruangan kantor SDN 1 Batu Tukan dan pembangunan 2 unit rumdin SDN 1 Tumbang Habangoi Kecamatan Petak Malai.

Terkait berbagai usulan yang memang merupakan kebutuhan untuk dunia pendidikan di wilayah Hulu Katingan ini, dirinya berharap menjadi bahan kebijakan dalam menetapkan program dan kegiatan bagi Disdik setempat. Sehingga, pembangunan di Kabupaten Katingan dapat diwujudkan. “Dengan demikian akan semakin berdaya guna, serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat,” harap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (abu)