Maulid Nabi SAW Dan Katingan Bersholawat Ditunda

BALANGANEWS, – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) , yang akan menyelenggarakan peringatan besar Muhammad SAW 1446 Hijriah, dan dirangkai dengan Katingan Bersholawat, di lapangan Sport Center – Kasongan, awalnya akan dilaksanakan, Rabu malam (2/10), menurut Penjabat (Pj) Bupati Katingan Sutoyo ditunda, Jum’at malam (2/10) mendatang.

Penundaan tersebut diungkapkannya, usai dirinya memimpin rapat perencanaan kegiatan jalan sehat berkah bersama kepala Organisasi (OPD), Camat dan Lurah lingkup , , Perbankan dan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, Jum’at siang (27/9/2024), di ruang rapat Bupati Katingan. “Alasannya, lantaran bapak Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran masih ada kegiatan lainnya,” terangnya, seraya memohon maaf kepada seluruh masyarakat Katingan atas penundaan ini.

Selain penundaan waktu, untuk penceramah yang akan menyampaikan tausyiah dalam Maulid Nabi Muhammad SAW nanti menurutnya, juga berubah. Begitu pula untuk hiburannya, yang bakal datang adalah Pasha Ungu, diganti dengan Ufik. Sedangkan untuk doorprize dalam bentuk tiket keberangkatan haji umroh ke tanah suci Mekkah tidak berubah. “10 orang didanai oleh Pemprov Kalteng dan minimal 2 orang didanai oleh Pemkab Katingan,” jelasnya, seraya menyebutkan rangkaian kegiatan lainnya, yakni dibukanya .

Terkait dengan rencana kegiatan tersebut menurutnya, merupakan hasil kesepakatan rapat antara PHBI Kabupaten Katingan sebagai penyelenggara yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, Selasa (24/9/2024) lalu, juga di ruang rapat Bupati Katingan.

Selanjutnya, dirinya juga menjelaskan tentang alasan diubahnya tempat penyelenggaraan Katingan Bersholawat tersebut, dari halaman sekretariat Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Katingan ke halaman Sport Center tersebut. “Karena, untuk mengantisipasi membludaknya para pengunjung yang menghadiri kegiatan yang dilaksanakan setahu sekali ini,” jelas orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini, seraya mengajak kepada masyarakat Katingan berbondong-bondong menghadiri kegiatan itu nantinya. (abu)