Musim Penghujan Tiba, BPBD Diminta Meningkatkan Kewaspadaan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Riming

, – Musim penghujan tiba, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten dan instansi terkait lainnya diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi kebencanaan.

Demikian ucap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , Riming kepada sejumlah awak media, Rabu (16/10/2024).

Karena, sejak beberapa pekan ini wilayah Kabupaten Katingan menurut Riming, hujan sering turun secara tiba-tiba. Bahkan dengan intensitas tinggi, rawan mengakibatkan musibah, seperti adanya beberapa pohon yang tumbang, baik di wilayah Kecamatan , Tewang Sangalang Garing maupun di wilayah Kecamatan lainnya.

“Penyebabnya bukan hanya lantaran hujan saja, tapi saat hujan turun disertai yang rawan musibah, seperti ,” katanya.

Bentuk kewaspadaan dan antisipasi dimaksud menurutnya, BPBD dan instansi terkait lainnya agar selalu siap dan siaga untuk mengantisipasi setiap potensi kebencanaan yang mungkin datang secara tiba-tiba. Maksudnya, BPBD mulai sekarang hingga ke depannya agar sesering mungkin melakukan pemeriksaan setiap pohon yang sudah berumur dan sejenisnya yang rentan tumbang saat diterpa hujan deras dan angin kencang.

Karena, kita menurutnya tidak bisa memprediksi kapan datangnya hujan deras, angin kencang ataupun fenomena alam lainnya, tapi yang jelas upaya antisipasi harus dilakukan oleh BPBD ataupun instansi terkait lainnya. “Sehingga, sebelum adanya korban, lebih baik kita antisipasi terlebih dahulu,” ingatnya.

Intinya, dirinya berharap kepada BPBD mulai sekarang mendata setiap pohon yang berdiri di setiap bahu jalan yang termasuk wilayah Kabupaten Katingan. Mengacu dari data tersebut, akhirnya kita bisa melakukan upaya antisipasi, dengan cara memotong bagian dahan dan ranting yang terlalu panjang, yang berpotensi membahayakan masyarakat atau benda berharga lainnya yang berada di bawah pohon tersebut, terlebih saat pengendara melintas di bawah pohon tersebut.

Terkait hal ini, dirinya juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, selama musim penghujan agar tidak memarkirkan kendaraannya di bawah pohon, papan reklame dan benda-benda yang rentan rubuh.

“Yang berpotensi menimpa kendaraan dan menyebabkan jatuhnya korban,” imbau wakil rakyat dari dapil Katingan II yang meliputi wilayah Kecamatan , Mendawai, Kamipang dan Tasik Payawan ini. (abu)