Anggota DPRD Tekankan Pentingnya Pendidikan Seni bagi Generasi Muda

Anggota DPRD Kota Palangka Raya dari fraksi PDI Perjuangan, Bennie Brian Tonni Embang

, – Anggota Kota Palangka Raya dari fraksi , Bennie Brian Tonni Embang, menyampaikan harapannya agar kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah dapat dioptimalkan guna melestarikan seni dan budaya daerah.

“Seni dan budaya merupakan cerminan jati diri masyarakat yang harus terus dipertahankan. Seni dan budaya bukan hanya warisan, tetapi juga menjadi identitas yang membedakan kita sebagai masyarakat Palangka Raya dan Kalimantan Tengah,” ucapnya, Rabu (15/10/2024).

Pelibatan seni dan budaya dalam ekstrakurikuler sangat penting untuk membangun kecintaan generasi muda terhadap warisan leluhur, hal ini dapat menjadi langkah konkret dalam mengajarkan nilai-nilai budaya sekaligus memupuk rasa bangga atas daerah sendiri.

“Kami mendukung penuh program dan kebijakan yang fokus pada pelestarian seni dan budaya, khususnya di Kota Palangka Raya. Ini merupakan jangka panjang dalam menjaga warisan kebudayaan Kalimantan Tengah,” tambahnya.

Dengan optimalisasi program ekstrakurikuler, diharapkan sekolah-sekolah mampu menjadi pusat pengembangan seni dan budaya lokal, selain itu berharap kegiatan tersebut tidak hanya bersifat seremonial, tetapi benar-benar menjadi bagian dari proses yang terintegrasi dan berkelanjutan.

“Kita perlu menyiapkan generasi muda yang tidak hanya siap bersaing di era modern, tapi juga bangga dan peduli terhadap budayanya sendiri,” ungkapnya. (udi)