KPU Katingan Gelar Rapat Persiapan Debat Publik Perdana Pilkada 2024

, KASONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten gelar rapat persiapan Debat Publik perdana 2024 pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Katingan periode 2024-2029, Selasa (22/10/2024), di ruang KPU setempat.

Kegiatan rapat dipimpin langsung Ketua Wahyuni, didampingi Komisioner Didun Niaton, serta dihadiri Ketua Katingan, Perwakilan dari Katingan, perwakilan dari Dinas Kesehatan Katingan, Perwakilan dari pasangan calon debat publik dan sejumlah wartawan.

Ketua KPU Wahyuni, mengatakan rapat ini salah satunya pembahasan tentang tata tertib bagi pasangan calon (paslon), utamanya memakai setelan jas atau batik serta hem yang beratribut, dan tidak diperkenankan menggunakan kaos. “Sementara masing-masing Paslon wajib mengikuti panduan dari moderator selama debat publik berlangsung,” kata Wahyuni.

Yang perlu diingat juga menurut Wahyuni, paslon dilarang menyerang persoalan pribadi di luar tema yang diterapkan dalam debat, dan paslon wajib bersikap sopan dan saling menghargai terhadap paslon lainnya.

Adapun tema debat publik perdana pada hari Rabu (23/10) besok menurut Wahyuni, adalah “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Katingan Melalui Transformasi Ekonomi dan Inovasi Pelayanan Publik, dengan Sub Temanya Meningkat Kesejahteraan Masyarakat, Memajukan Daerah dan Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat,” ujarnya, seraya menyebutkan tempat tempatnya, yakni di ruangan paripurna DPRD Kabupaten Katingan.

Lebih jauh, dirinya juga menyebutkan durasi debat pertama sekitar 120 menit, yang akan dimulai pada pukul 10.00 wib Sementara, untuk tata tertib bagi pendukung setiap paslon maksimal di batasi 30 orang yang dapat masuk ke ruang paripurna DPRD Kabupaten Katingan sebagai tempat debat perdana pilkada Bupati dan Wabup Katingan tersebut. “Dari 30 orang tersebut wajib menggunakan ID Card khusus yang sudah disediakan oleh KPU Kabupaten Katingan,” pungkas mantan anggota Bawaslu ini. (abu)