60 Personil Polres Berikan Pengamanan Kegiatan Debat Publik Pilkada 2024

Kapolres Katingan, AKBP Chandra Ismawanto bersama Pj Bupati Katingan Sutoyo dan Letkol Inf Sulfikar saat berada di gedung DPRD Kabupaten Katingan, sebelum kegiatan Debat Publik berlangsung, Rabu (23/10/2024)

, – 60 personil Berikan pengamanan kegiatan debat publik pemilihan kepala daerah (pilkada) Bupati-Wabup 2024 perdana yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan, Rabu (23/10/2024), di ruang paripurna Kabupaten Katingan.

Dalam pengamanan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Katingan, AKBP Chandra Ismawanto pada pagi itu, juga didampingi Kabag Ops, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kasat Intel dan sejumlah perwira lainnya.

Kapolres Katingan, AKBP Chandra Ismawanto saat dikonfirmasi terkait pengamanan dimaksud, kepada sejumlah awak media mengatakan, 60 personil yang diturunkan untuk memberikan pengamanan debat publik pada pagi hingga siang itu merupakan salah satu dukungan Katingan pada kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Katingan. “Tujuannya, agar kegiatan tersebut berlangsung aman, damai, sejuk dan lancar serta kondusif, dari awal hingga berakhirnya kegiatan tersebut,” kata AKBP Chandra Ismawanto.

Dari 60 personil berbagai kesatuan yang diturunkan untuk pengamanan kegiatan debat publik tersebut menurutnya dibagi sesuai kesatuannya masing-masing. Misalnya, satuan lantas untuk mengatur alur keluar-masuknya kendaraan berbagai jenis di sekitar kantor sekretariat DPRD setempat, baik kendaraan roda dan empat. Dan, baik yang berada di sekitar halaman sekretariat DPRD maupun bagian keluar-masuk kendaraan. “Dari kesatuan lainnya turut menjaga keluar-masuk pintu gedung paripurna DPRD setempat sebagai tempat berlangsungnya debat publik dengan Menggunakan metal detector,” terangnya.

Dengan pengamanan yang diberikannya itu, sejak dimulai hingga berakhirnya debat publik tersebut menurutnya, berlangsung lancar aman dan kondusif tanpa kendala berarti. Sehingga, semua penonton, baik yang berada di dalam ruangan paripurna, di dalam lingkungan sekretariat DPRD setempat maupun di luar pagar sekretariat DPRD setempat tidak satu insiden pun.

Madian, salah satu tokoh masyarakat Katingan saat diminta tanggapannya, kepada media membenarkan bahwa pelaksanaan debat dari awal hingga berakhirnya kegiatan debat publik itu dalam keadaan aman, tanpa insiden sedikit pun. “Baik yang berada di dalam ruangan debat maupun di luar ruangan debat,” aku Madian. (abu)