Pembangunan Jalan dan Jembatan di Wilayah Hulu Katingan Sangat Diharapkan

, Warga di beberapa kecamatan di wilayah hulu Kabupaten terus berharap adanya dan peningkatan akses jalan serta jembatan. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () , Sugianto, SH, menyatakan bahwa pembangunan darat sangat dibutuhkan untuk mempermudah akses masyarakat, terutama mereka yang bekerja di sektor pertanian.

“Masyarakat wilayah hulu sangat bergantung pada jalur darat untuk pergi ke kebun dan lahan pertanian. Jalan yang layak akan sangat membantu mereka, terutama ketika harus bepergian ke wilayah lain untuk berbelanja atau kegiatan lain,” ujar Sugianto dalam keterangannya kepada wartawan baru-baru ini.

Sugianto juga menjelaskan bahwa meskipun masyarakat masih memiliki opsi menggunakan jalur sungai dengan kelotok atau perahu, namun biaya operasionalnya kini terlalu tinggi.

“Sekarang biaya untuk menggunakan kelotok atau perahu tidak sebanding dengan pendapatan masyarakat, terutama karena harga BBM yang mahal dan kadang langka,” jelas politisi ini.

Sebagian besar warga, lanjutnya, kini lebih memilih menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi utama. Oleh karena itu, Sugianto berharap pemerintah daerah, melalui dinas terkait, dapat terus memprogramkan pembangunan dan peningkatan jalan di wilayah utara Katingan, untuk membuka akses yang lebih baik.

“Pembangunan jalan ini akan berdampak besar bagi perekonomian masyarakat. Dan jika ada jalan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi atau pusat, pemerintah daerah seharusnya bisa melakukan lobi agar pembangunannya segera terealisasi, bukan hanya mengandalkan anggaran kabupaten saja,” tutupnya. (fe)