Bimtek Tahap I Penyusunan Masterplan Menuju Implementasi Smart City

06062022091838 0

, – Dalam rangka implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City), Pemkab Katingan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Tahap I Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan , yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Bappeda Kabupaten Katingan, Senin (6/6/2022).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Katingan yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, Pransang

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Kominfosantik) Provinsi yang diwakili oleh Pranata Komputer Ahli Muda, Ari Gunadi Palilu turut hadir dalam kegiatan ini.

Kegiatan bimbingan teknis ini dilaksanakan seiring dengan terpilihnya Kabupaten Katingan sebagai salah satu dari 50 kabupaten/kota untuk didampingi oleh Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam penyusunan masterplan atau rencana induk Smart City tahun 2022 ini.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Katingan, Pransang mengatakan bahwa, dalam mewujudkan Smart City, perlu dukungan dari segenap elemen, baik itu Kepala Daerah, Pemerintah Daerah dan Desa, , dunia usaha hingga seluruh masyarakat Kabupaten Katingan.

“Mengingat wilayah Kabupaten Katingan terdiri atas kawasan perkotaan dan perdesaan, kami juga mengharapkan agar Smart City ini bukan hanya dibangun pada daerah perkotaan saja, tetapi juga menjangkau pedesaan melalui desa digital sebagai salah satu penguat dalam pencapaian Smart City,” terang Sekda.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan adanya pendampingan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Tenaga Ahli Smart City dan juga Asisten Tenaga Ahli, yang memberikan gambaran/bahan/materi terkait rencana induk Smart City tahun 2022.

Adapun dilaksanakannya kegiatan Bimbingan Teknis Tahap I Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Katingan ini selaras dengan misi kelima RPJMD Kabupaten Katingan tahun 2018-2023 yang berbunyi “Peningkatan Fisik Jalan dan Jembatan, Jaringan Air Bersih dan Komunikasi”.

“Hal itu diwujudkan dalam salah satu program prioritas yaitu optimalisasi pemanfaatan dan komunikasi yang terintegrasi,” pungkas Pransang.

Turut hadir lingkup Kabupaten Katingan, Camat, Lurah, Kepala Desa, akademisi serta tamu undangan lainnya. (asp)