Tak Terima Bakalcalon Kades Didukung Tidak Lulus, Puluhan Massa Lakukan Aksi

SAVE 20220606 201123
Asisten I Sekda Kapuas saat menjelaskan kepada massa perihal pendukung bakalcalon Kades yang tidak lulus

, – Sebanyak puluhan massa pendukung salah satu bakal calon Kepala Desa, yang dinyatakan tidak lulus seleksi tambahan, melakukan di halaman Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten , Senin (6/6/2022).

Bersama Pulau Keladan Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas, Rosmaila, para pendukung langsung menyampaikan orasi yaitu menyatakan ketidakpuasan dan tak terima atas hasil tes tambahan yang dilaksanakan panitia kabupaten.

“Kami ke sini menyampaikan tuntutan masyarakat yang meminta bakalcalon Kades Rosmaila untuk diikutkan serta sebagai Pulau Keladan, agar kami warga Desa Pulau Keladan dapat memilih sesuai hati nurani kami untuk Kades nanti,” ungkap salah satu perwakilan aksi.

Di tempat yang sama, Asisten I Setda Kapuas yang juga Ketua Panitia Pilkades Kabupaten, Ilham Anwar didampingi Kepala Dinas PMD Yanmarto yang menerima para aksi, menyampaikan bahwa adanya tes tambahan bakal calon Kades yang lebih dari lima calon dilaksanakan telah sesuai aturan serta mekanisme.

“Apa yang kami lakukan telah sesuai prosedur yang berlaku, sesuai undang-undang, kalau ingin memasukkan semua bakal calon Kades sebanyak tujuh orang untuk diikutkan serta, sama saja kami dan kita semua melanggar undang-undang yang ada,” terangnya.

Selain itu juga dirinya mengungkapkan hanya bisa membaca kalau tuntutan itu minta discooring atau dinilai kembali kami siap, untuk melakukan scooring dan penilaian secara terbuka.

“Kalau untuk discooring bisa kalau mau melihat nilai secara terbuka, tetapi harus dihadirkan bakalcalon yang lainnya juga,” jelasnya. (put)