Isra Mi’raj Nabi Muhammad di Masjid Al Gufron dihadiri Bupati Katingan

1615
Bupati Katingan Sakariyas didampingi Dandim 1019 Katingan saat menghadiri pelaksanaan peringatan Isra Mi'raj 1444 H, Jumat malam (10/2/2023), di Masjid Al Gufron Kasongan

BALANGANEWS, KASONGAN – Bupati , Sakariyas hadiri peringatan Nabi besar Muhammad SAW 1444 Hijriah, Jumat malam (10/2/2023), di Masjid Jami Al Gufron KM 4,5 Kasongan.

Bupati Katingan, Sakariyas dalam sambutannya menyambut baik atas pelaksanaan Hari Besar Islam tersebut, yakni peringatan Nabi besar Muhammad SAW pada malam itu. Begitu pula dengan hari besar-hari besar Islam lainnya. “Sebagai kepala daerah, ketika diundang, saya selalu hadir,” kata Sakariyas.

Begitu pula peringatan dan kegiatan lainnya, baik agama Kristiani, Hindu maupun agama Budha. Bahkan, kegiatan keagamaan di rumah pun, jika diundang selalu hadir. “Saya usahakan tetap hadir,” ujarnya.

Terkait dengan kegiatan keagamaan di Kabupaten Katingan, selain peringatan Isra Mi’raj dan Maulid Nabi Muhammad SAW dan , Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan menurutnya selalu mengadakan Safari Ramadhan setiap bulan Ramadhan ke semua wilayah Kecamatan di Katingan. “Begitu pula dengan agama lainnya, kami juga mengadakan Safari Natal dan Safari keagamaan lainnya,” terang orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Selanjutnya, acara peringatan Nabi besar Muhammad SAW pada malam itu, dirangkai pula dengan tausyiah dengan mengundang Ustadz Koko Liem dari ibukota (Jakarta).

Dalam tausyiahnya Ustadz Koko Liem, selain menerangkan tentang perjalanan dan ketauladanan Rasulallah Muhammad SAW, juga mengajak kepada kita semua untuk melaksanakan sholat lima waktu sebagai kewajiban bagi ummat Islam.

Selain itu, kita menurutnya juga selalu memperbanyak sedekah, sesuai kemampuan kita masing-masing, meskipun hanya beberapa ribu rupiah saja. “Karena, bersedekah juga merupakan bagian dari ibadah,” ujarnya, seraya meminta kepada ummat Muslim agar selalu bersyukur kepada Allah SWT, atas rezeki yang diberikannya selama hidup kita di dunia ini.

Hadir dalam peringatan Isra Mi’raj pada malam itu, selain ribuan ummat Muslim dan Muslimat di Kasongan dan sekitarnya, juga dihadiri Bupati Katingan Sakariyas, sejumlah kepala OPD lingkup , Dandim 1019 Katingan beserta jajarannya, perwakilan beserta jajarannya, waket I Katingan dan sejumlah anggota DPRD Katingan lainnya.

Di samping itu, hadir pula perwakilan dari Kemenag Kabupaten Katingan, tokoh agama, alim ulama dan sejumlah ketua Masjid di masing-masing Masjid di sekitar Kota Kasongan dan . (abu)