Wagub Harapkan Bank Kalteng Fasilitasi UMKM Agar Naik Kelas

1049
Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo saat menyampaikan sambutan pada puncak undian TAHETA periode 26 tahun 2022

BALANGANEWS, – Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. menghadiri acara puncak penarikan undian Taheta periode XXVI Tahun 2022, yang digelar oleh PT. Bank Kalteng di Swiss-belhotel Danum, Sabtu (11/2/2023) malam.

Dalam kesempatan itu, Wagub Edy Pratowo mengharapkan kepada PT. Bank Kalteng agar semakin dikenal bukan hanya bagi masyarakat Kalteng tetapi juga secara , yang dibarengi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah.

“Harus tetap dibarengi komitmen PT. Bank Kalteng untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan melahirkan inovasi produk-produk baru yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat,” ucap Edy saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng.

Selain itu, Wagub juga mengharapkan kepada PT. Bank Kalteng dapat memfasilitasi dan mendukung di Kalteng agar bisa naik kelas serta mampu menyokong perekonomian daerah bahkan Nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

Bukan hanya membantu dari segi permodalan, sambung Edy, tetapi juga PT. Bank Kalteng harus melakukan pendampingan dan pembinaan agar UMKM berkembang dan berdaya saing tinggi.

“Tahun 2023 ini diperkirakan kita masih harus menghadapi sejumlah tantangan sulit, mulai dari ancaman , krisis dan , hingga resesi , akibat situasi global yang tidak menentu. Apabila benar-benar kita kembangkan dan berdayakan dengan baik, UMKM tentu bisa menjadi solusi dalam memperkuat perekonomian kita,” ungkapnya.

Untuk mengatasi semua tantangan tersebut, dibutuhkan sinergi dan peran serta semua pihak termasuk PT. Bank Kalteng yang merupakan Bank Pembangunan Daerah.

Sementara itu, Direktur Keuangan, Operasional, dan Teknologi Bank Kalteng, Ahmad Selanorwanda menyebutkan, pencapaian Bank Kalteng selama tahun 2022, yakni nilai aset sebesar Rp13,4 triliun, dana pihak ketiga seperti deposito dan tabungan sebesar Rp9,7 triliun, pemberian kredit pada berbagai sektor sebesar Rp8,6 triliun, dan laba bersih Rp253,4 miliar.

“Misi Bank Kalteng melayani nasabah, pemerintah daerah, dan masyarakat dengan tulus,” pungkasnya.

Diketahui, Taheta adalah akronim dari Tabungan Hari Esok Terencana. Undian salah satu Produk Tabungan PT. Bank Kalteng ini diadakan sejak tahun 1997 sebagai bentuk apresiasi serta rasa terima kasih PT. Bank Kalteng kepada masyarakat Kalteng yang telah setia menjadi nasabah. (asp)