Bupati Katingan Launching Identitas Kependudukan Digital

ikd
Bupati Katingan Sakariyas saat menyampaikan sambutannya, terkait launching IKD, Senin pagi (20/3/2023), di aula Disdukcapil Kabupaten Katingan

BALANGANEWS, KASONGAN – Bupati Katingan, Sakariyas launching Identitas Digital (IKD), Senin pagi (20/3/2023), di aula Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Bupati Katingan, Sakariyas dalam sambutannya mengatakan IKD merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam digital melalui gawai (smartphone/ponsel pintar) yang menampilkan data pribadi.

Sedangkan isi dari IKD tersebut diantaranya Kartu (KK) dan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) serta dokumen lainnya hasil integrasi Nomor Induk Keluarga (NIK) yang secara otomatis dapat diakses. “Seperti kartu -19, kartu , KIS, NPWP dan lain sebagainya,'” kata Sakariyas.

Sedangkan tujuannya menurutnya untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik yang lebih baik, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi pada berbagai sektor.

Akhir dari sambutan orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini berharap kepada yang hadir untuk menginformasikan kepada seluruh pegawai di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan serta kepada keluarga. “Untuk memiliki IKD dimaksud,” harapnya.

Hadir dalam launching IKD pada pagi itu, selain kepala Disdukcapil setempat, Sukarti juga sejumlah ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () setempat , kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah Camat lingkup dan puluhan undangan lainnya. (abu)